Kemendes PDTT Puji Kemajuan Desa-desa di Minahasa Utara

Sabtu, 08 Februari 2020 - 20:33 WIB
Kemendes PDTT Puji Kemajuan Desa-desa di Minahasa Utara
Kemendes PDTT Puji Kemajuan Desa-desa di Minahasa Utara
A A A
MINAHASA UTARA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar memuji kinerja Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan (VAP) dalam membangun desa-desa di wilayahnya.

Menurut Mendes, Vonnie telah berhasil memanfaatkan potensi-potensi yang ada di setiap Desa di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Salah satu potensi yang disebut Abdul Halim adalah pengelolaan dan pengolahan kelapa. Selama dirinya di Minahasa Utara, Halim menikmati pemadangan hutan desa yang ditanami ribuan pohon kelapa.

"Minahasa Utara punya potensi yang sangat luar biasa, kelapa adalah salah satunya. Sepanjang perjalanan dinas di Minahasa Utara, saya kerap temukan hutan kelapa," ucap Halim.

Halim menjelaskan, desa-desa di wilayah Vonnie ini bukan hanya menjual kelapa mentah, tapi juga warganya bisa memanfaatkan potensi kelapa menjadi produk setengah jadi.

Contohnya di Desa Wineru, Likupang Timur, Minahasa Utara, terdapat beberapa tempat pengolahan kelapa. "Di Wineru, kelapa diolah menjadi VCO (Virgin Coconut Oil)," ucap Halim.

Halim sangat memuji kinerja Vonnie yang mampu mendorong masyarakat desa memanfaatkan potensinya. Bagaimanapun berkat Vonnie Desa-desa di Minut bisa berkembang dan bisa menjadi percontohan untuk desa-desa di Sulawesi Utara.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5272 seconds (0.1#10.140)