Banjir Bandang Terjang Ratusan Rumah di Bantaran Sungai Lematang

Kamis, 30 Januari 2020 - 09:05 WIB
Banjir Bandang Terjang Ratusan Rumah di Bantaran Sungai Lematang
Banjir Bandang Terjang Ratusan Rumah di Bantaran Sungai Lematang
A A A
TALANG UBI - Bencana banjir bandang merendam ratusan rumah yang berada di bantaran Sungai Lematang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir , Sumatera Selatan. Genangan air mencapai ketinggian hingga 1,5 meter.

Tingginya genangan air membuat warga tak bisa beraktivitas normal. Terpaksa warga menggunakan perahu sebagai alat tranportasi sementara. Kondisi ini sudah berlangsung selama sepekan terakhir. (Baca juga: UPDATE: Korban Banjir Tapanuli Tengah Bertambah, 6 Tewas dan 3 Hilang)

Sekda Penukal Abab Lematang Ilir, Syahron Nazil menjelaskan, wilayah yang terdampak banjir cukup parah yaitu Desa Curup, Kecamatan Tanah Abang. Saat ini Pemkab telah telah mendirikan posko darurat serta terus mengecek penanganan terhadap warga korban banjir.

"Kami sudah bentuk tim gabungan dari lintas instansi. Semua dilibatkan dan bekerja sesuai tupoksi masing-masing. Jadi kami di sini kerja tim untuk penanganan banjir," kata Nazil, Rabu (29/1/2020).

Pemkab Penukal Abab Lematang Ilir fokus pada keselamatan dan kesehatan. Warga yang terjebak banjir dievakuasi, serta dukungan bantuan makanan dan obat-obatan. "Kami dirikan posko untuk membantu warga korban banjir. Beberapa ada yang mengungsi namun lebih banyak bertahan di rumah mereka," ungkapnya.

Selain itu, Pemkab bakal mengkaji solusi untuk mengatasi banjir yang sering terjadi akibat luapan Sungai Lematang.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9436 seconds (0.1#10.140)