Waduh, 27 Warga Gunungkidul Yogyakarta Positif Terkena Antraks

Rabu, 15 Januari 2020 - 16:54 WIB
Waduh, 27 Warga Gunungkidul Yogyakarta Positif Terkena Antraks
Waduh, 27 Warga Gunungkidul Yogyakarta Positif Terkena Antraks
A A A
GUNUNGKIDUL - Dari hasil pemeriksaan dan hasil uji laboratorium Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, atas persebaran antraks yang mulai menyerang manusia sebanyak 27 warga dinyatakan positif terkena antraks.

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Gunungkidul, Sumitro mengatakan, penyakit antraks mulai terdeteksi menyerang masyarakat pada 27 desember lalu.

Begitu dilakukan pemeriksaan, ternyata terbukti secara klinis pasien terkena antraks. "Akhirnya kita turunkan tim one health untuk melihat sejauh mana penyakit antraks mulai menyerang warga masyarakat," terangnya kepada wartawan di Wonosari, Rabu (15/1/2020).

Sumitro menjelaskan, selam dua hari pihaknya melakukan analisis lapangan. Kemudian, sebanyak 87 warga dinyatakan suspect antraka dan dilakukan pengobatan. "Kita kirimkan 54 sampel darah ke laboratorium, kemudian hasilnya 27 dinyatakan positif antraks," kata Sumitro.

Dengan kejadian ini, pihaknya terus melakukan pengambilan sampel ulang. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan pasien negatif antraks. "Antisipasi memang di area terpapar kita berikan antibiotik," tandasnya.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4730 seconds (0.1#10.140)