Kadesnya Nikah Siri, Warga Merangin Jambi Unjuk Rasa Tuntut Mundur

Jum'at, 03 Januari 2020 - 21:36 WIB
Kadesnya Nikah Siri, Warga Merangin Jambi Unjuk Rasa Tuntut Mundur
Kadesnya Nikah Siri, Warga Merangin Jambi Unjuk Rasa Tuntut Mundur
A A A
Ratusan warga Desa Kungkai, Kecamatan Bangko, Kabupaten Merangin, Jambi, pada Jumat (3/1/2020) sekitar pukul 14.00 WIB berunjuk rasa di Kantor Desa Kungkai menuntut kapala desa (kades) mudur dari jabatanya. Kades Safardi dinilai melanggar norma-norma adat dan telah mencoreng nama baik desa.

Sesampai di kantor desa sempat terjadi kericuhan antara warga dan pihak keamanan, warga ingin menyegel kantor desa dan meminta segala aktivitas di kantor desa di hentikan.

Warga juga tidak mau lagi segala urusan administrasi yang berkaitan dengan Safardi. Aksi warga reda setelah Kapolres Merangin dan Camat Bangko mendatangi lokasi, mengajak warga untuk beraudensi terkait masalah tersebut.

M Yusuf salah satu tokoh masyarakat dalam audensi bersama pihak pemerintah dan Polres Merangin menegaskan, dirinya tidak mau lagi menerima kades yang bermasalah.

"Kami tidak mau lagi berurusan dengan kades, dan kami minta kades di sidang secara adat serta hukum yang berlaku," jelas M Yusuf.

Plt Camat Bangko Andre mengatakan, dirinya selaku Plt Camat akan menaikan permasalahan ini ke tingkat kabupaten. "Sesegera mungkin akan kita layangkan surat ke bupati agar bisa di proses hukum adatnya," jelas Andre.

Kapolres Merangin AKBP M Lutfi menjelaskan, laporan pidana warga akan diproses. Sedangkan untuk hukum adat akan dilaporkan ke lembaga adat.

"Kita akan kawal hingga situasi di lokasi benar-benar kondusif. Saat ini anggota masih kita siagakan untuk memantau kondisi di lapangan," tutupnya.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5038 seconds (0.1#10.140)