Jelang Natal dan Tahun Baru, Tol Manado-Bitung Kembali Beroperasi

Jum'at, 20 Desember 2019 - 16:04 WIB
Jelang Natal dan Tahun Baru, Tol Manado-Bitung Kembali Beroperasi
Jelang Natal dan Tahun Baru, Tol Manado-Bitung Kembali Beroperasi
A A A
MANADO - Untuk mendukung kelancaran arus mudik dan balik pada libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020, jalan tol Manado-Bitung kembali beroperasi secara fungsional mulai, Jumat (20/12/2019). Ruas tol yang dimanfaatkan ini akan difungsikan dari dua arah dan hanya untuk kendaraan kecil, sementara bus dan truk tidak diizinkan melintas.

“Alhamdulilah, puji Tuhan. Pihak BPJN dan Jasamarga memberikan hadiah khusus untuk masyarakat Sulut di Natal dan Tahun Baru ini penggunaan secara fungsional jalan Tol Manado-Bitung,” kata Wakil Gubernur Sulut Steven O E Kandouw seusai membuka secara resmi penggunaan fungsional tol Manado-Bitung.

Kendaraan yang dari arah Manado menuju Bitung, dapat masuk melalui Manado dan keluar di Airmadidi di Minahasa Utara. Sedangkan yang masuk dari Airmadidi keluar di Manado. Selanjutnya, dari Kota Bitung menuju Manado, masuk dari Manembo-Nembo bisa keluar di Airmadidi dan Manado.

“Yah, ini merupakan secara sejarah baru bagi kita masyarakat Sulawesi Utara yang sudah lama mendambakan jalan tol, hari ini kita fungsikan. Tentu saja multiplier effectnya kan banyak, tak perlu disebutkan juga semua sudah tahu,” beber Wagub.

Dia mengimbau kepada pengguna jalan tol ini agar tidak ngebut dan tetap pada kecepatan maksimal 80 km/jam. Diketahui, fungsional jalan Tol Manado Bitung menggunakan pembayaran menggunakan e-money dari beberapa perbankan yakni BRI, BNI, BSG, Mandiri, BTN dan BCA.

“Tadi juga saya lihat dari pihak perbankan turut andil dalam penggunaan cash less comunity. Dan diharapkan masyarakat juga ikut mengkampanyekan program dari Bank Indonesia untuk program GNNT,” ujar Kandouw.

Pembukaan tol Manado-Bitung turut dihadiri Direktur Utama PT Jasamarga Manado-Bitung George Manurung, Kepala BPJN XV Wilayah SulutGo Triono Junoasmono, Asisten II Pemprov Sulut Praseno Hadi, CEO BNI 46 Dandi Sjamsudin, Pimpinan Cabang BRI Boulevard Kurniawan Prihatmaka dan jajaran Bank SulutGo.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7683 seconds (0.1#10.140)