Semarak Perayaan Harkannas 2019 di Klungkung

Selasa, 26 November 2019 - 19:30 WIB
Semarak Perayaan Harkannas...
Semarak Perayaan Harkannas 2019 di Klungkung
A A A
SEMARAPURA - Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta mewakili Bupati Klungkung bersama Ketua TP-PKK Klungkung Ny. Ayu Suwirta menghadiri Peringatan Hari Ikan Nasional (Harkannas) ke-6 Kabupaten Klungkung tahun 2019 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Selasa (26/11/2019).

Kegiatan yang diperingati setiap tanggal 21 November ini dipadukan dengan Kegiatan Gebyar Gemarikan ( Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan) yang merupakan salah satu program inovatif Pemkab Klungkung. Peringatan tahun ini mengambil tema 'Konsumsi Ikan Meningkatkan Daya Saing Bangsa'.

Sambutan Bupati Klungkung yang dibacakan Wabup Made Kasta menghimbau, selain meningkatkan konsumsi ikan pada masyartakat, Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan supaya membuat program budidaya ikan pada masyarakat. Hal ini dirasakan perlu mengingat kebutuhan akan ikan tidak selalu bisa dipenuhi dari para nelayan. Untuk itu masyarakat juga bisa melakukan budidaya ikan untuk konsumsi dipekarangan rumah atau di lahan persawahan.

“Masih ingat dulu para petani mampu memelihara ikan sembari menanam padi disawah, kanapa tidak kita coba untuk melakukan hal serupa,” ujar Wabup Kasta.

Kepada para undangan yang didominasi oleh anak anaka siswa sekolah dasar, Wabup Kasta kembali mengingatkan untuk banyak mengkonsumsi ikan. Baik itu ikan air tawar maupun ikan laut. Menurutnya dengan mengkonsumsi ikan secara rutin sejak balita, akan dapat meningkatkan kecerdasan otak anak.

Karena ikan mengandung lemak tidak jenuh, omega 3, 6 dan 9. Selain itu mengkonsumsi ikan dapat mengurangi resiko penyakit koleterol, tekanan darah tinggi, sakit jantung serta menjaga kebugaran tubuh.

Sementara itu Ketua pelaksana kegiatan yang sekaligus Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Wayan Durma mengatakan masyarakat Kabupaten Klungkung masih perlu mengkonsumsi ikan lebih banyak lagi.

Berdasarkan data konsumsi ikan di Klungkung baru mencapai 38,9 Kg perkapita pertahun, sedangkan target untuk di Provinsi Bali sebanyak 45 Kg perkapita pertahun dan target nasional konsumsi ikan adalah sebanyak 62 Kg perkapita pertahun. Kegiatan peringatan hari ikan Nasional dan Gerakan Gemarikan diharapkan akan dapat menumbuhkan kesadaran warga masyarakat untuk meningkankan mengkonsumsi ikan.

Wayan Durma menambahkan, pada peringatan Hari Ikan nasional Tahun 2019 telah diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya sosialisasi Gemarikan ke sekolah Sekolah Dasar di Kabupaten Klungkung. Diantaranya di SDN 3 Pikat, SDN 3 Selat, SDN Tohpati, SDN 2 Bungbungan, SDN Tegak, SDN 3 Paksebali, SDN 1 Batukandik, SDN 2 Batukandik, SDN 4 Klumpu, SDN 6 Ped, yang selanjutnya diberikan snack olahan ikan yang disediakan oleh kelompok olahan disetiap lokasi pelaksanaan sosialisasi. Selain itu dilakukan pula pelatihan atau Bintek olahan hasil perikanan disetiap desa dan kecamatan.

Sedangkan untuk memeriahkan acara peringatan, dilakasanakan lomba lomba seperti lomba membuat sate lilit ikan dan lomba menangkap ikan lele yang diikuti oleh puluhan siswa setingkat SD. Pemberian tambahan makanan tambahan hasil olahan ikan kepada ratusan siswa yang hadir, secara simbolis dilakukan oleh Wabup Made Kasta, Ketua TP-PKK Ny. Ayu Suwirta, Kadis Wayan Durma serta perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Provinsi Bali. Acara juga dimeriahkan pementasan hiburan bondres dan musik.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)