Aula SMKN 1 Miri Sragen Ambruk Diterjang Puting Beliung

Rabu, 20 November 2019 - 19:10 WIB
Aula SMKN 1 Miri Sragen...
Aula SMKN 1 Miri Sragen Ambruk Diterjang Puting Beliung
A A A
SRAGEN - Bencana alam berupa angin puting beliung menerjang Sragen, Jateng. Kuatnya terjangan angin yang disertai hujan deras mengakibatkan aula SMKN 1 Miri ambruk, Rabu (20/11/2019).

Angin puting beliung (lesus) disertai hujan deras melanda lokasi sekitar pukul 15.56 WIB. Bangunan aula SMKN 1 Miri Sragen yang ambruk mengakibatkan beberapa murid mengalami luka.

Kepala SMKN Miri Sarno menjelaskan, sebanyak 14 murid mengalami luka-luka. "Mereka yang luka sudah dievakuasi dan mendapatkan perawatan medis dari rumah sakit terdekat," katanya.

Sementara itu, dari pantauan BPBD Sragen diketahui angin puting beliung tidak hanya merobohkan bangunan sekolah tersebut, tetapi juga merusakan genting rumah serta pohon tumbang di beberapa titik.

"Sehubungan dengan mulainya pergantian musim di beberapa wilayah, potensi bahaya angin kencang dan puting beliung makin tinggi. Masyarakat diharapkan untuk waspada terhadap potensi bahaya tersebut," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo.

Dia menjelaskan bahwa salah satu upaya yang dapat dilakukan di antaranya seperti memperhatikan pohon di sekitar lingkungan yang berpotensi roboh.

"Kita dapat memangkas ranting pohon sehingga potensi roboh dapat dikurangi. Potensi bahaya angin kencang dan puting beliung biasanya terjadi pada saat pergantian musim dari musim kemarau ke penghujan dan sebaliknya," tandasnya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1285 seconds (0.1#10.140)