Agar Tak Dianggap Angin Lewat, Bawaslu Ciamis Gandeng Media

Minggu, 17 November 2019 - 22:21 WIB
Agar Tak Dianggap Angin Lewat, Bawaslu Ciamis Gandeng Media
Agar Tak Dianggap Angin Lewat, Bawaslu Ciamis Gandeng Media
A A A
CIAMIS - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ciamis Jawa Barat menggelar "Media Gathering" di Hotel Tyara, Jalan Jenderal Sudirman, Ciamis, Minggu (16/11/2019).

Mereka mengundang sejumlah media lokal mau pun nasional untuk menyamakan pandangan terkait tugas dan fungsi Bawaslu yang sama halnya media memiliki fungsi pengawasan dalam Pemilu.

Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Ciamis, Jajang Miftahudin menyampaikan peran kerjasama dengan media suatu keharusan. Pasalnya Bawaslu masih dianggap angin lalu sehingga dukungan media sangat dibutuhkan.

"Maka kami mengundang rekan jurnalis semua agar angin itu tak dianggap lewat. Tapi angin itu memang ada menebak kepemiluan kita," kata Jajang.

Menurut Jajang, media merupakan pilar demokrasi. Sementara Bawaslu sebatas penyelanggara proses demokrasi itu sendiri yang dalam hal ini di kepemiluan.

Untuk itu, hubungan baik dalam kontek kemitraan strategis sangat diperlukan Bawaslu karena segala informasi ditentukan media.

"Hal yang baik tidak akan sampai ke publik kalau tidak disampaikan media. Adapun hal buruk kami anggap koreksi kepada kami agar kami lebih baik lagi," ujarnya.

Anggota Bawaslu Jawa Barat, Lolly Suhenty yang saat itu hadir menambahkan sinergitas Bawaslu dan Media intinta sama-sama mengawal demokrasi.

Bawaslu terus berkomitmen meningkatkan pengawasannya, begitupun media komitmen sebagai pilar utama demokrasinya.

"Ada peran sama antara kita (Bawaslu dan Media). Sama-sama memiliki wewenang fungsi kontrol atau pengawasan. Keduanya saling bersinergi demi terwujudnya kualitas tinggi demokrasi," tuturnya.

Ditempat yang sama, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Ciamis, Syamsul Maarif mengungkapkan Bawaslu Ciamis dinobatkan sebagai salah satu Bawaslu yang dalam Penanganan Pelanggaran Administrasi saat Pilkada Ciamis terbaik di Indonesia.

Penobatan dalam rangka "Bawaslu Award 2019" itu berkat media juga karena gencarnya berita perihal penindakan maupun pencegahan yang dilakukan Bawaslu Ciamis saat Pilkada 2018. "Maka jangan sungkan kalau ke Bawaslu Ciamis begitupun kami pasti memberitahu segala kegiatan kami ke media," ujar Syamsul.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5365 seconds (0.1#10.140)