Empat Warga Binaan Rutan Wates Kabur, Dua Berhasil Ditangkap

Minggu, 27 Oktober 2019 - 19:06 WIB
Empat Warga Binaan Rutan Wates Kabur, Dua Berhasil Ditangkap
Empat Warga Binaan Rutan Wates Kabur, Dua Berhasil Ditangkap
A A A
KULONPROGO - Empat warga binaan di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Wates, Kulonprogo, DIY, Minggu (27/10/2019), berhasil kabur. Namun, dua di antaranya ditangkap warga ketika kabur di wilayah Dukuh Blumbang, Desa Karangsari, Kecamatan Pengasih, Kulonprogo. Dua warga binaan yang berhasil diamankan adalah Taufikuraohman dan Pinasthi Bayu Setya Aji. Keduaya berhasil ditangkap warga ketika masuk perkampungan Blumbang, Karangsari, atau sekitar 5 kilometer dari Rutan Wates. “Ada dua yang ditangkap di sini,” jelas Sutarno (40), warga yang ikut menangkap pelaku.

Menurutnya, penangkapan dilakukan karena warga curiga terhadap kedua orang tersebut. Awalnya, Sutarno memergoki keduanya berjalan di tengah ladang bukan di jalan. Hal ini membuatnya penasaran. Apalagi, ketika ditanya keduanya diam dan tidak menjawab. Selanjutnya, dia mengejar kedua orang tersebut dan diketahui dalam kondisi terluka pada wajah dan pundaknya. “Awalnya pelaku mengaku jatuh karena kecelakaan, kita biarkan,” jelasnya.

Tidak berselang lama, ada warga datang yang mengabarkan adanya napi yang kabur dari rutan Wates. Sutarno pun mengejar kedua orang tersebut bersama sejumlah warga dan ditemukan di wilayah Blumbang. Mereka masih mengelak sebagai napi yang kabur. Namun, warga menghubungi petugas rutan yang kebetulan merupakan warga setempat. Setelah itu, ada petugas dari rutan datang dan mengevakuasi kedua orang tersebut. “Tadi langsung dibawa menggunakan mobil milik petugas,” jelasnya.

Hingga kini belu diketahui pasti berapa jumlah napi yang kabur, pihak rutan belum bersedia dikonfirmasi masalah ini. Meski membenarkan ada kejadian itu, namun dia masih mengurus laporan internal. “Benar ada, tetapi ini kita sedang susun laporannya,” jelas Kepala Rutan Kelas II B Wates, Deny Fajariyanto saat dikonfirmasi wartawan melalui telepon selulernya.
(zil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7355 seconds (0.1#10.140)