2 Sekolah Terjangkit, Dinkes Pastikan Status Kota Malang Masih Carrier Difteri

Jum'at, 25 Oktober 2019 - 09:07 WIB
2 Sekolah Terjangkit, Dinkes Pastikan Status Kota Malang Masih Carrier Difteri
2 Sekolah Terjangkit, Dinkes Pastikan Status Kota Malang Masih Carrier Difteri
A A A
MALANG - Dinas Kesehatan Kota Malang memastikan bahwa siswa yang positif carrier difteri di dua sekolah kondisinya sudah membaik. Meski demikian masyarakat diimbau untuk tetap waspada terhadap penyebaran difteri dengan memakai pelindung seperti masker.

Kepala Bidang Pengendalian Dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kota Malang Husnul Muarif mengatakan, kondisi yang terjadi di dua sekolah Kota Malang yakni Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Malang dan SMA Negeri 7 Kota Malang sebenarnya bukan wabah difteri melainkan carrier difteri.

Dimana sebelumnya terdapat 212 siswa MIN1 Malang dan 42 siswa SMAN 7 Malang yang merupakan carrier (pembawa) bakteri difteri.


“Carrier difteri sendiri belum masuk dalam penyakit difteri sehingga pengobatannya juga relatif lebih mudah,” kata dia, Jumat (25/10/2019).

Siswa dengan carrier difteri ini, kata dia, diketahui setelah dilakukan swab tenggorok. Setelah diketahui carier difteri siswa diwajibkan meminum obat enam jam sekali selama satu minggu.

“Dengan cara tersebut kondisi siswa SMA Negeri 7 yang positif carrier difteri kini kondisinya sudah membaik,” timpalnya.

Meski bukan tergolong kejadian luar biasa namun, kata Husnul Muarif, kondisi ini patut diwaspadai. “Masyarakat juga menjaga diri dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah,” tandasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4124 seconds (0.1#10.140)