Dandim 1414 Tana Toraja Pimpin Langsung Pemadaman Karhutla

Jum'at, 20 September 2019 - 10:50 WIB
Dandim 1414 Tana Toraja Pimpin Langsung Pemadaman Karhutla
Dandim 1414 Tana Toraja Pimpin Langsung Pemadaman Karhutla
A A A
TANA TORAJA - Tim gabungan TNI-Polri turun ke hutan melakukan pemadaman karhutla (kebakaran hutan dan lahan) di Lokasi to' dama' Dusun Dumbia, Lembang Rindingallo, Kecamatan Rindingallo Kabupaten Toraja Utara , Sulawesi Selatan, Jumat Pagi (20/9/2019).

Upaya pemadaman karhutla ini dipimpin langsung Komandan Distrik Militer (Dandim) 1414 Tana Toraja Letkol Czi Zaenal Arifin. Kebakaran yang terjadi sejak Rabu kemarin (18/09/2019) sekitar pukul 17.20 wita kemarin, dan diperkirakan telah menghanguskan puluhan hektare hutan.

Puluhan personel gabungan dari Polsek Rindingallo dan Koramil Rindingallo dibantu 1 SST pasukan Kodim 1414 Tana Toraja, serta masyarakat diterjunkan ke lapangan.

Operasi gabungan pemadaman Karhutla ini dilakukan untuk mencegah meluasnya kebakaran yang dapat menimbulkan kerugian yang makin parah.

"Karhutlah dikawatirkan akan terus meluas dan tidak menutup kemungkinan akan menyebar ke pemukiman warga. Maka saya bersama anggota turun langsung untuk memadamkan dan memastikan api yang masih berpotensi terbakar," kata Letkol Czi Zaenal Arifin.

Menurut informasi dari masyarakat setempat (lokasi kejadian), api berawal dari kebun salah satu warga. Kemudian meluas hingga melahap lahan-lahan sekitar milik warga setempat.

Dandim 1414 Tana Toraja pun mengimbau kepada warga sekitar supaya jangan sembarangan membakar di sekitar lahan perkebunan, mengingat kondisi saat ini musim kemarau dan rentan terjadi kebakaran.

Letkol Czi Zaenal Arifin bersama personel gabungan hingg akini masih berjuang memadamkan titik api yang dapat sewaktu-waktu membesar.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7320 seconds (0.1#10.140)