Bupati Klungkung Usulkan Prioritas Kegiatan ke Kementerian DPDTT

Rabu, 11 September 2019 - 18:35 WIB
Bupati Klungkung Usulkan Prioritas Kegiatan ke Kementerian DPDTT
Bupati Klungkung Usulkan Prioritas Kegiatan ke Kementerian DPDTT
A A A
JAKARTA - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menemui Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (DPDTT) Republik Indonesia, Eko Putro Sandjojo di kantornya, di Kalibata, Jakarta Rabu (11/9/2019).

Kehadiran Bupati yang didampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang perumahan dan Kawasan Permukiman Klungkung Anak Agung Gede Lesmana dan Kabid Perekonomian SDA Infrastruktur Kewilayahan BAPPEDA Klungkung Nyoman Sidang ini guna menyampaikan beberapa usulan kegiatan Kabupaten Klungkung agar menjadi prioritas kegiatan baik dalam RKP 2020 maupun RPJMN 2020-2024.

Namun Pertemuan itu diawali dengan menemui satu persatu pejabat di Kementerian DPDTT tersebut. Bupati Suwirta harus masuk dari satu gedung ke gedung lain guna menemui para pejabat tersebut. Dimulai dari Direktur pengembangan SDA Kawasan Pedesaan, Mulyadin Malik, Direktur Jendral Pembangunan Kawasan Pedesaan Ir Harlina Sulistyorini serta Staf Ahli Menteri, Indra Mudasalim.

Bupati Suwirta mengatakan, ada beberapa landasan kebijakan yang menjadi dasar pertimbangan usulan tersebut yaitu Kabupaten Klungkung telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Pulau-Pulau Kecil Terluar (PPKT) dan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN).

Pembangunan Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN) berkaitan dengan; Kawasan Minapolitan Perikanan Budidaya Rumput Laut di Kecamatan Nusa Penida; Pengembangan Desa Wisata dengan memanfaatkan potensi desa sebagai daya tarik wisata unggulan di Kabupaten Klungkung; Kain Tenun Unggulan (Songket. Cepuk dan Ranggrang) di Kecamatan Dawan dan Kecamatan Nusa Penida; Industri Kerajinan Rumah Tangga (Lukisan Wayan Kamasan, Pengerajin Perak. Pengerajin Kuningan dan Uang Kepeng (pis Bolong), Pengembangan produksi garam (Uyah Kusamba) di Kecamatan Dawan serta pengembangan produksi dan kemasan Kacang Kace di Kecamatan Banjarangkan.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3696 seconds (0.1#10.140)