Pemkab Blora Angkat Budaya Samin

Selasa, 03 September 2019 - 22:32 WIB
Pemkab Blora Angkat Budaya Samin
Pemkab Blora Angkat Budaya Samin
A A A
BLORA - Pemerintah Kabupaten Blora bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan menyelenggarakan Indonesiana “Cerita dari Blora” dengan mengangkat budaya Sedulur Sikep (Samin). Gelaran acara ini juga akan melibatkan pengikut Samin dari berbagai daerah.

“Setelah tahun lalu mengangkat tema Sastra dengan tokoh sentral Pramudya Ananta Toer, tahun ini kita akan mengangkat budaya Sedulur Sikep (Samin) yang diajarkan oleh Raden Kohar atau Samin Surosentiko. Ini sebagai bentuk pelestarian kearifan lokal yang ada di Kabupaten Blora,” kata Kepala melalui Dinas Kepemudaaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar), Blora, Slamet Pamudji, Senin 2 September 2019.

Kegiatan Indonesiana “Cerita dari Blora” akan dilaksanakan selama empat hari mulai 19-22 September. Khusus untuk acara Samin akan dilaksanakan di dua tempat, yakni Kampung Samin Desa Sumber Kecamatan Kradenan, dan Kampung Samin Dukuh Blimbing, Desa Sambongrejo, Kecamatan Sambong.

“Sebagai pembuka, atau pra-event, akan dilaksanakan workshop pengelolaan festival pada tanggal 7 September 2019 di Gedung Serbaguna Kecamatan Kradenan. Selanjutnya pada tanggal 19-22 September 2019 akan dilaksanakan sembilan acara,” ujar seorang panitia, Edi Purwanto.

“Untuk acara terakhir, Temu Ageng Sedulur Sikep akan diikuti oleh seluruh pengiktu Samin. Tidak hanya pengiktu Samin dari Blora saja, namun juga dari daerah luar Blora seperti Pati, Kudus dan Bojonegoro,” tambah Edi Purwanto.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4059 seconds (0.1#10.140)