Dukung Ustaz Abdul Somad, Ratusan Umat Muslim Demo di Mapolda Riau

Jum'at, 30 Agustus 2019 - 17:24 WIB
Dukung Ustaz Abdul Somad, Ratusan Umat Muslim Demo di Mapolda Riau
Dukung Ustaz Abdul Somad, Ratusan Umat Muslim Demo di Mapolda Riau
A A A
PEKANBARU - Ratusan umat muslim berunjuk rasa mendukung Ustaz Abdul Somad (UAS) di depan Mapolda Riau, Kota Pekanbaru, Jumat (30/8/2019). Sebelum menggelar aksi damai, ratusan umat Islam mengadakan longmarch dari Masjid An-Nur Pekanbaru Jalan Hang Tuah menuju Mapolda Riau.

Aksi ini sebagai bentuk keprihatinan dan penolakan atas kriminalisasi terhadap ulama. Ratusan jamaah yang tergabung dalam Forum Umat Islam Riau menilai bahwa video yang sengaja diviralkan yang berujung pelaporan terhadap UAS itu sebagai bentuk upaya kriminalisasi.

Upaya pelaku video viral juga dianggap sebagai upaya menjelek-jelekan dai sejuta viewer itu.

"UAS adalah representasi umat Islam. Kita menentang upaya kriminalisasi ulama. Ulama adalah penerus nabi. UAS merupakan sosok penting dalam menjaga akidah umat muslim. Hentikan upaya kriminalisasi," kata Khalid Tobing, salah satu juru bicara dari massa, Jumat (30/8/2019).

Forum Umat Islam Riau menilai apa yang dilakukan pelaku yang memviralkan video yang sebenarnya terjadi 3 tahun lalu adalah adalah sebagai bentuk upaya untuk mengkriminalisasi ulama.

Dia menjelaskan sebenarnya banyak yang dilakukan tokoh agama lain yang menjelek-jelekkan umat Islam. Sedangkan yang disampaikan UAS dalam video tersebut adalah murni kajian Islam menurut pandangan Alqur'an dan Hadits.

"Video yang diviralkan sudah jelas untuk konsumsi umat Islam dan dilakukan di tempat tertutup. Banyak tokoh agama lain yang sebenarnya menjelekkan Islam, tapi tidak kita laporkan," imbuhnya.

Untuk itu massa aksi meminta Polda Riau untuk menyampaikan aspirasi umat muslim Riau kepada Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4642 seconds (0.1#10.140)