Kisah Sopir Angkot yang Menjadi Anggota DPRD Kota Sibolga dari Partai Perindo

Selasa, 27 Agustus 2019 - 21:59 WIB
Kisah Sopir Angkot yang Menjadi Anggota DPRD Kota Sibolga dari Partai Perindo
Kisah Sopir Angkot yang Menjadi Anggota DPRD Kota Sibolga dari Partai Perindo
A A A
SIBOLGA - Pemilu 2019 boleh jadi mengubah nasib Mandapot Pasaribu (39). Sopir angkot ini lolos menjadi anggota legislatif Kota Sibolga, Sumatera Utara. Berdasarkan hasil pleno terbuka rekapitulasi yang telah dilakukan KPU Sibolga pada Mei 2019 lalu, Partai Perindo yang menjadi kendaraan politik Mandapot, memperoleh jatah kursi DPRD dari dua dapil di Sibolga. Perindo memperoleh total 5.729 suara di Kota Sibolga.

Dengan 1 kursi untuk Perindo di Dapil 2 Sibolga, maka Mandapot, yang berprofesi selama ini sebagai sopir angkot Barata Jaya (BJ) 01 rute Sibolga-Pandang, Tapanuli Tengah (Tapteng), meraih suara terbanyak, paling berhak atas posisi untuk dilantik sebagai wakil rakyat di Kota Sibolga.

"Setelah dilantik ini saya sangat bersyukur sekali sama Tuhan, karena ini semua campur tangan Tuhan. Karena dengan 432 suara saya bisa duduk jadi anggota DPRD Kota Sibolga," kata Mandapot Pasaribu, Selasa (27/08/2019).

Pria kelahiran Sigoring-goring, Kolang, Tapteng baru kali ini terlibat politik. Tidak disangka akhirnya diapun meraih kursi di DPRD Kota Sibolga Provinsi Sumut dari Partai Perindo.

"Saya berjanji akan memperjuangkan kepentingan masyarakat, Kendala di masyarakat akan saya bantu, karena saya juga dari masyarakat bawah," tegasnya.

Sekilas mengingat perjuangan Mandapot tidak mudah. Bahkan kerap mendapat ejekan dari pendukung caleg lainnya. Mereka sepele dengan pekerjaannya sebagai sopir angkot.

"Memang betul ada hinaan, tapi itu saya bawa menjadi motivasi, bikin pribadi saya jadi kuat. Saya optimistis bisa menang," ucapnya.

Mandapot Pasaribu memang hanya mampu memasang 2 baliho saat berkampanye. Namun dia giat mendatangi calon pemilih dari pintu ke pintu. Proses yang dilalui Mandapot akhirnya berbuah. Sopir angkot ini hampir dipastikan menjadi anggota DPRD Kota Sibolga.

Keberhasilan Mandapot mendapat sambutan hangat dari rekannya, sesama sopir angkot. Mereka merasa bangga. Rekannya juga mengingatkan Mandapot untuk tetap rendah hati. "Jangan sombong, tetap perjuangkan rakyat kecil," tutur Fery Ginting, sopir angkot rekan Mandapot.

Sedangkan rinciannya, 4.206 suara di Dapil 1 dan 1.523 suara di dapil dengan raihan suara itu, Perindo memperoleh dua kursi di Dapil 1. Sementara di Dapil 2, partai ini memperoleh 1.523 suara, dan dipastikan mendapatkan 1 kursi. Mandapot yang bertarung di Dapil 2, berhasil mengumpulkan 432 suara. Jumlah itu terbanyak di antara 12 caleg Partai Perindo lainnya yang bertarung di daerah tersebut.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4481 seconds (0.1#10.140)