Bakesbangpol Jabar Gelar Penguatan dan Peningkatan Indeks Demokrasi

Jum'at, 23 Agustus 2019 - 22:26 WIB
Bakesbangpol Jabar Gelar Penguatan dan Peningkatan Indeks Demokrasi
Bakesbangpol Jabar Gelar Penguatan dan Peningkatan Indeks Demokrasi
A A A
PANGANDARAN - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat gelar acara penguatan demokrasi berbasis kearipan lokal melalui pagelaran seni di lapang Grand Pangandaran Jumat, (23/8/2019).

Kepala Bidang Politik Dalam Negeri Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Jawa Barat Herry Pasya mengatakan, Badan Kesbangpol memiliki peran agar masyarakat sadar terhadap demokrasi. "Kegiatan pagelaran seni kali ini kami nilai penting karena pesan moral sangat cepat tersampaikan ke masyarakat," kata Heri.

Heri menambahkan, kegiatan pagelaran seni juga dinilai penting untuk menentukan berbagai kebijakan dimasa depan. "Otonomi Daerah telah memberikan ruang dan kesempatan kepada setiap daerah untuk mengembangkan dan mempertahankan kebudayaan," tambahnya.

Melalui kebudayaan serta memberdayakan kearipan lokal akan memberikan dasar demokrasi yang memberikan mekanisme bagi kedaulatan rakyat. "Keanekaragaman tradisi, suku, latar belakang kearipan lokal yang berbeda merupakan warisan leluhur yang harus dijaga dan dilestarikan," paparnya.

Heri menjelaskan, kearipan lokal merupakan identitas daerah, untuk itu diperlukan kerjasama antara masyarakat dengan pemerintah. "Melalui peran serta seniman dan budayawan serta pelaku adat, kita tingkatkan kualitas kehidupan berdemokrasi di Jawa Barat," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7068 seconds (0.1#10.140)