Ketua DPRD Seruyan Minta Masyarakat Tingkatkan Kecintaan terhadap Budaya Daerah

Kamis, 02 Juni 2022 - 10:17 WIB
loading...
Ketua DPRD Seruyan Minta Masyarakat Tingkatkan Kecintaan terhadap Budaya Daerah
Kontingen Seruyan cabang lomba Lawang Sekepeng saat mengikuti Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) 2022 di Palangka Raya beberapa waktu lalu. iNews TV/Sigit
A A A
SERUYAN - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menyebutkan jika dalam upaya mendorong pengembangan budaya daerah yang ada di wilayah setempat. Tingkat kecintaan masyarakat akan budaya daerah tersebut sangatlah diperlukan.

"Sebenarnya dalam upaya kita untuk mengembangkan dan melestarikan budaya daerah itu tidak lepas dari kecintaan masyarakat akan budaya daerah itu sendiri," katanya, Kamis (2/6).

Menurutnya, terkhusus untuk peran dari generasi millenal dalam upaya melestarikan berbagai budaya lokal dari nenek moyang mereka yang menjadi sangat diperlukan pada zaman yang sebagi modern ini.

"Karena anak muda saat inikan rata-rata mereka sudah paham teknologi modern, sebut saja HP. Kalau mereka bisa memanfaatkan hal itu untuk mempelajari sejarah dan lain sebagainya yang berkaitan dengan budaya daerah, pertama mungkin bisa menumbuhkan kecintaan mereka terlebih dahulu akan budaya tersebut. Baru selanjutnya bisa ikut serta mengembangkan budaya, misalnya promosi melalui media sosial dan lain sebagainya," ujarnya.

Baca: 5 Hektare Ladang Ganja Siap Panen di Pegunungan Leuser Aceh Dimusnahkan.

Maka dari itu, ia mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kecintaan terhadap budaya daerah atau lokal guna mendorong budaya tersebut supaya terus berkembang.

"Hal ini tentunya juga tidak lepas dari peran pihak-pihak terkait untuk mendorong peningkatan pengembangan terhadap budaya daerah tersebut. Event-event budaya harus rutin digelar. Fasilitasi mereka, kami di dewan siap mendukung dari segi penganggaran," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)