Tingkatkan Mutu Pelayanan, RSUD Tolikara Gelar Workshop

Rabu, 31 Juli 2019 - 16:48 WIB
Tingkatkan Mutu Pelayanan, RSUD Tolikara Gelar Workshop
Tingkatkan Mutu Pelayanan, RSUD Tolikara Gelar Workshop
A A A
KARUBAGA - Dinas Kesehatan Kabupaten Tolikara melalui UPTD RSUD Karubaga menggelar workshop akreditasi SNARS edisi I (PPI,MFK,PKPO,PMKP) RSUD Karubaga. Pemateri workshop adalah direktur bersama tim RS.dr Sitanala Tangerang sebanyak 8 orang. Worskhop yang diikuti seluruh tenaga medis baik dokter, bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi dan laboratorium, serta tenaga adminitrasi ini berlangsung selama empat hari, sejak 29 Juli s.d 1 Agustus 2019.

Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo diwakili Sekda Tolikara Anton Warkawani saat membuka workshop mengatakan, pihaknya mengapresiasi setinggi-tinggi kepada seluruh tenaga medis yang dengan setia melayani masyarakat di RSUD Karubaga.

"Semangat tinggi ini patut ditingkatkan dengan berbagai dukungan dari pemerintah. Karena itu semua kekurangan yang ada di RSUD Karubaga kami berusaha untuk lengkapi salah satunya dengan dilakukannya workshop dan simulasi. Peningkatan kapasitas tenaga medis penting untuk ditingkatkan selain melengkapi fasilitas medis lainnya. Karena bila kita melengkapi fasilitas medis tetapi tidak didukung dengan tenaga medis yang mumpuni tentu pelayanan kepada pasien tidak akan maksimal," Sekda Anton.

Anton berharap peserta workshop mengikuti setiap materi dengan baik dari awal hingga usai. Karena setelah mengikuti kegiatan ini para tenaga medis akan dituntut untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Sehingga akreditasi RSUD Karubaga inipun bisa diperoleh sesuai target.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit dr Sitanala Tangerang, dr Ali Muchtar mengatakan dirinya merasa senang bisa datang dan berjumpah dengan saudara-saudara di Papua, khususnya masyarakat Tolikara.

"Kami mendatangi Kota Karubaga Ibu Kota Kabupaten Tolikara ini untuk berbagi semua pengalaman dan ilmu yang kami miliki kepada saudara-saudara kami yang setia melayani khususnya bidang kesehatan di daerah ini. Materi yang akan kami bagikan adalah visi dan misi manajemen RS, dan mutu dan pelayanan pasien, serta menejemen obat, bahkan infrastruktur yang terkait dengan pelayanan rumah sakit," kata Ali Muchtar.

dr Ali menghargai semagat yang luar biasa dan apresiasi tinggi kepada pemerintah Kabupaten Tolikara terutama Bupati Usman G.Wanimbo yang memberikan dukungan penuh kepada Rumah Sakit Karubaga sehingga semua pelayanan berjalan lancar dan sukses.

"Terbukti saat ini kami diminta datang ke RSUD Karubaga untuk berbagi pengalaman dan ilmu hal ini salah satu bukti Bupati Usman G.Wanimbo serius untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Tolikara. Dengan diakreditasinya RSUD Tolikara ini kami harapkan bisa meningkatkan mutu pelayanan yang lebih baik, selain itu semua dukungan yang dibutuhkan berupa anggaran dan bantuan pengobatan dan tenanga medis lainnya dari pemerintah pusat bahkan donator kesehatan dunia bisa diberikan."

Dibutuhkan komitmen bersama dari semua pihak terutama bupati, pihak keamanan, bahkan seluruh lapisan masyarakat bersama tenaga medis kesehatan yang ada di Tolikara.

”Kami juga mendukung penuh suksesnya PON 2020 Papua di mana salah satu cabor Paralayang atau terbanglayang di pusatkan di Karubaga, sehingga dibutuhkan tenaga medis yang memadai,” kata dr Ali Muchtar.

Direktur RSUD Karubaga dr Ester Jakob berharap akhir dari kegiatan ini tenaga medis RS Karubaga lulus paripurna sesuai target.

Setelah workshop akan dilanjutkan dengan survey simulasi terhadap RSUD Karubaga, survey simulasi ini menurut rencana dilakukan selama sebulan dimulai Agustus hingga September.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.5838 seconds (0.1#10.140)