Ayo, Ke Halmahera Tengah Nikmati Keindahan Wisatanya

Rabu, 24 Juli 2019 - 16:36 WIB
Ayo, Ke Halmahera Tengah Nikmati Keindahan Wisatanya
Ayo, Ke Halmahera Tengah Nikmati Keindahan Wisatanya
A A A
JAKARTA - Sejalan dengan semangat pemerintah pusat yang menjadikan wisata sebagai prioritas pembangunan. Kabupaten Halmahera Tengah memiliki semangat yang sama. Di bawah kepemimpinan Bupati Edi Langkara dan Wakil Bupati Abd.Rahim Odeyani, pasangan yang disebut Elang-Rahim ini mengembangkan potensi wisata di Halmahera Tengah.

Pulau Yoi adalah permata yang dimiliki Halmahera Tengah. Selain memiliki keindahan pantai, di pulau seluas sekira 50 km2 juga terdapat telaga atau danau. Berwisata di Pulau Yoi menjanjikan wisata alam yang jarang dimiliki pulau lain.

Pecinta alam pasti akan merindukan Pulau Yoi. Hamparan laut beratap langit biru akan memberikan kenangan terindah yang susah dilupakan. Pasir putihnya yang masih terjaga menjadikan Pulau Yoi sangat layak menjadi tujuan wisata selama berada di Halmahera Tengah.

Keindahan Pulau Yoi itu yang semakin menguatkan tekad Elang-Rahim pemimpin Kabupaten Halmahera Tengah ini membidik pulau berpenduduk 200 kepala keluarga ini sebagai potensi wisata yang bisa untuk menangguk pendapatan daerah.

Keyakinan itu ditunjang dengan sarana transportasi yang bisa diakses melalui penerbangan seminggu lima kali Ternate-Pulau Gebe.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Kabupaten Halmahera Tengah Yusmar Ohorella kepada Sindonews.com menjelaskan saat ini Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah menyasar wisata sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Selama ini potensi wisata di Halmerah belum digarap maksimal. Sehingga pada pemerintahan di bawah kepemimpinan Elang-Rahim akan mengembangkan potensi wisata seperti yang ada di Pulau Yoi. Untuk mencapai Pulau Yoi juga sudah bisa melalui jalan udara. Sarana lainnya Pak Bupati memberikan kesempatan kepada pihak lain untuk berinvestasi," beber Yusmar.

Yusmar menyebut Kabupaten Halmahera Tengah menyadari untuk mengembangkan Pulau Yoi membutuhkan kerja sama dengan pihak investor. Itu sebabnya, Bupati Halmahera Tengah beserta jajarannya tengah gencar mempromosikan potensi wisatanya.

Selain Pulau Yoi sebenarnya ada tujuan wisata lain yakni, wisata Talaga Nusliko Kecamatan Weda yang berada di Ibu Kota Kabupaten Halmahera Tengah. Sarana infrastruktur pendukung di lokasi Talaga Nusliko juga sudah dibangun jalan lingkar talaga dan beberapa infrastruktur pendukung lainya seperti, Gasebo,

Selain itu juga Pemerintahan Elang-Rahim melalui APBD 2019, akan menambah beberapa kegiatan untuk pengembangan wisata Nusliko.

Sementara promosi Pulau Yoi tahap awal dilakukan dengan menyiapkan data untuk dipublikasikan. Selama ini Pulau Yoi merupakan pulau yang memiliki potensi wisata yang indah akan tetapi belum disentuh oleh pemerintah sebelumnya. Sehingga Pulau Yoi hanya menjadi sasaran wisata masyarakat Halmahera Tengah khususnya Pulau Gebe dan sekitarnya.

"Pulau Yoi merupakan satu kecamatan dengan Pulau Gebe. Hanya Pulau Yoi terpisah dengan Pulau Gebe yang memiliki delapan desa. Untuk mencapai Pulau Yoi menempuh jalan laut selama 1 jam," ucap Yusmar.

Kegiatan masyarakat di Pulau Yoi sehari-hari pada umumnya sebagai nelayan. Pulau Yoi juga dikenal sebagai penghasil ikan asin. Hasil tangkapan nelayan Pulau Yoi kemudian dijual di Pulau Gebe.

Yusmar meyakinkan berwisata ke Pulau Yoi selain bisa menikmati keindahan pantai dan danau tentunya bisa melakukan wisata kuliner dengan merasakan ikan hasil tangkapan laut sekitar Pulau Yoi. "Pengunjung bisa makan ikan segar di Pulau Yoi dan melihat langsung bagaimana masyarakat Pulau Yoi beraktivias," tuturnya.

Ke depan, Yusmar mengatakan Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah akan terus berupaya melengkapi sarana dan prasarana di Pulau Yoi untuk menarik lebih banyak pengunjung. Bekerja sama dengan investor akan mempercepat Pulau Yoi menjadi tujuan wisata yang lebih menarik. "Pemerintah Kabupaten membuka kesempatan mengembangkan potensi wisata kepada investor untuk menjadikan wisata sebagai sumber PAD," ujar Yusmar.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.8012 seconds (0.1#10.140)