Ratusan Bayi Penyu Sisik, Dilepasliarkan ke Laut Bangka

Jum'at, 10 Mei 2019 - 17:08 WIB
Ratusan Bayi Penyu Sisik, Dilepasliarkan ke Laut Bangka
Ratusan Bayi Penyu Sisik, Dilepasliarkan ke Laut Bangka
A A A
BANGKA - Ratusan bayi Penyu atau Tukik, dilepasliarkan oleh tim Animal Lovers Bangka Island (Alobi) ke habitat aslinya. Bayi penyu dilepas di Kawasan Pantai Tembelok, Kabupaten Bangka Barat, Bangka Belitung (Babel).

Hewan langka jenis penyu sisik tak sengaja ditemukan tim Alobi di sekitar Pantai Batu Rakit, Tanjung Kalian Muntok dan lalu diamankan di penangkaran. Pascapenangkaran selama enam hari, kemudian bayi penyu dianggap laik kembali ke habitatnya.

Ketua DPC Alobi Bangka Barat, Rudy Decapriantoro menjelaskan bayi penyu ini ditemukan sudah dalam bentuk Tukik. Saat dilakukan penggalian ada kondisi telur yang gagal menetas dan ada yang dalam keadaan lemah.

"Saya amankan langsung dan hari ini kita lepasliarkan sebanyak 102 ekor bayi penyu. Jenis penyu sisik merupakan reptil langka yang nyaris punah keberadaannya," kata Rudy di Kawasan Pantai Tembelok, Bangka Barat, Jumat (10/5/2019).

Ia mengungkapkan, reptil ini adalah jenis penyu sisik yang sangat dindungi UU Negara karena cukup langka. Pasalnya, sejumlah pantai yang di Pulau Bangka Belitung, termasuk di Bangka Barat merupakan tempat yang kerap dijadikan penyu langka bertelur.

"Namun, sikap kurangnya kepedulian masyarakat akan kelestariannya serta perburuan liar telur penyu, membuat habitat jenis reptil ini semakin berkurang," ia menuturkan.

Bahkan lanjut Rudy, Alobi pernah mendapati telur penyu sisik di perjualbelikan secara bebas di pasar. "Kita sih berharap, sama-sama menjaga kelestarian hewan yang dilindungi UU, dengan tidak melakukan perburuan liar atau memperdagangkannya," imbuhnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8450 seconds (0.1#10.140)