Ustaz Abdul Somad Menghilang dari Kampus, Ini Penjelasan Rektor

Rabu, 08 Mei 2019 - 16:17 WIB
Ustaz Abdul Somad Menghilang dari Kampus, Ini Penjelasan Rektor
Ustaz Abdul Somad Menghilang dari Kampus, Ini Penjelasan Rektor
A A A
PEKANBARU - Pascavideo viral saat berjumpa dengan Capres Prabowo, Ustaz Abdul Somad (UAS) tidak pernah lagi mengajar di Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau. Terkait tidak mengajarnya lagi pendakwah jebolan S2 Maroko ini, pihak rektorat UIN Suska angkat bicara.

Rektor UIN Suska Prof Akhmad Mujahidin menjelaskan bahwa sudah lama UAS mengajukan cuti. Dai sejuta viewer ini menyatakan bahwa UAS ingin melanjutkan studi S3 di luar negeri.

"Saat bertemu Pak Prabowo yang videonya viral itu, memang dia sudah cuti. Dia sudah tidak mengajar sejak jauh-jauh hari," ucap Prof Akhmad Mujahidin Kamis (8/5/2019).

Dia menjelaskan berdasarkan surat pengajuan cuti ke rektorat, ustaz jebolan S1 Kairo ini mengajukan cuti mengajar pada 3 Juli 2018. Kemudian pada Agustus 2018 rektorat mengeluarkan izin cuti untuk dai kondang itu. "UAS mengajukan melanjutkan studi S3 di Sudan," ucapnya.

Di Sudan, UAS akan menimba ilmu doktor di Omdurman Islamic University (OIU) dengan program Kosentrasi Al Suhnah wa Ulumul Hadist. "Dia mengikuti program belajar selama 6 semester. Setelah meraih gelar doktornya dia akan kembali lagi ke UIN Suska," ucapnya.

Pihak UIN menegaskan akan mendorong tenaga pengajar untuk bisa melanjutkan studinya, termasuk UAS."Kita tentu mendukung dia raih gelar doktor, setelah itu dia bisa jadi profesor," imbuhnya. (Baca: Kasak Kusuk Pemecatan Ustaz Abdul Somad dari UIN Suska Riau)

UAS merupakan dosen ilmu hadis di Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau. Pria kelahiran Asahan, Sumatera Utara ini bertatus PNS. Sempat beredar ada surat pemecatan diri UAS dikarenakan video viral itu. Belakangan pihak rektorat UIN Suska menepisnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3854 seconds (0.1#10.140)