Resmikan PCPI DPD Gorontalo, Begini Harapan Istri Gubernur

Minggu, 05 Mei 2019 - 14:11 WIB
Resmikan PCPI DPD Gorontalo, Begini Harapan Istri Gubernur
Resmikan PCPI DPD Gorontalo, Begini Harapan Istri Gubernur
A A A
GORONTALO - Perkumpulan Chef Profesional Indonesia (PCPI) DPD Provinsi Gorontalo secara resmi, dilantik Idah Syaidah Rusli Habibie di Maqna Hotel Jumat (3/5/2019).

Selaku Ketua PCPI dan juga istri Gubernur Gorontalo, Idah berharap, organisasi yang beranggotakan koki hebat ini dapat mengembangkan kuliner khas Gorontalo.

"Saya berharap, melalui PCPI ini semua anggota dan pengurus dapat mengembangkan aneka ragam kuliner khas Gorontalo, baik itu tingkat nasional hingga internasional," ujar Idah.

Idah menjelaskan bahwa kuliner khas Gorontalo beberapa tahun lalu sudah pernah menjuarai berbagai event di tingkat Nasional. Ini menjadi kebanggaan bagi Pemerintah Daerah dan masyarakat Gorontalo.

Prestasi itu tak lepas dari keberadaan PCPI DPD Provinsi Gorontalo yang melahirkan berbagai kreativitas melalui kuliner-kuliner khas Gorontalo.

"Gorontalo itu sangat unik kulinernya. Ada satu istilah, kalau makanan terpedas itu ada di Gorontalo, baru dari pedasnya sudah terkenal. Bagaimana dengan ragam kulinernya yang sangat bagus," terang Idah.

Sementara itu Yani Axel Ketua PCPI DPD Provinsi Gorontalo menambahkan, pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Gorontalo, khususnya Idah Syaidah yang sudah memercayakan amanat tersebut kepada PCPI.

Senada dengan Idah, Yani mengakui Gorontalo sangat kaya akan kuliner lokal yang bisa diangkat di tingkat Nasional. Menurut Yani dengan mengangkat kuliner khas daerah, PCPI secara tidak langsung sudah mempromosikan pariwisata daerah.

"Kuliner adalah bagian dari pariwisata, yakni wisata kuliner. Gorontalo sangat kaya akan kuliner daerah. Inilah yang mendorong kami untuk memperkuat profesi kami sebagai chef. Dimana kami bukan hanya bisa menyajikan makanan yang enak, akan tetapi harus mampu meningkatkan kuliner Gorontalo," terang Yani.

Sementara Oki Pramanah, Wakil Ketua DPD PCPI Provinsi Gorontalo mengatakan banyak program kerja yang sudah dipersiapkan PCPI ke depan. Salah satunya mengangkat kuliner Gorontalo ke pasar global, seperti melalui pameran kuiliner.

"Menurut saya, untuk memasuki pasar global, ada banyak cara. Contohnya pameran kuliner, jadi kami bukan hanya mempertunjukkan profesional kami sebagai Chef. Namun kami turut memasarkan kuliner daerah di kancah lebih tinggi lagi. Apalagi peserta atau anggota PCPI DPD Provinsi Gorontalo, ada sebanyak 60 orang," tutup Oki.
(alf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6919 seconds (0.1#10.140)