Digenang Air, Lokasi PSU TPS di Gorontalo Direlokasi

Sabtu, 27 April 2019 - 17:24 WIB
Digenang Air, Lokasi PSU TPS di Gorontalo Direlokasi
Digenang Air, Lokasi PSU TPS di Gorontalo Direlokasi
A A A
GORONTALO - Akibat Kota Gorontalo diguyur hujan deras, pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Sabtu (27/04/2019) pagi hingga siang tadi, sedikit mengalami kendala yakni direlokasi ke rumah warga. Karena kondisi lokasi TPSI XII sudah digenani air, dan seluruh tirai tenda udah dibasahi air hujan.

Dari pantauan, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) bersama masyarakat setempat, gotong royong merelokasi seluruh logistik ke rumah warga yang tidak jauh berada dari lokasi TPS XII. Beruntung logistik berupa kotak surat suara, kertas surat suara dan lain sebagainya tidak rusak.

Parahnya lagi, situasi pencoblosan ulang di TPS ini tidak begitu ramai seperti pada Rabu (17/04/2019) lalu. Karena berdasarkan data yang dihimpun melalui KPU Provinsi Gorontalo total 193 jumlah wajib pilih yang masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT), yang menggunakan hak pilihnya 161 orang. Sisanya 32 wajib pilih tidak menggunakan hak pilihnya, tanpa alasan yang jelas.

Terhadap hal tersebut, Ketua KPU Kota Gorontalo Sukrin S Talib mengatakan, secara umum TPS diwilayah Kota Gorontalo yang melakukan PSU, mengurangi jumlah peserta pemilih.

"Pelaksanaan PSU di Kota Gorontalo, berjalan lancar, aman dan tertib. Semoga proses ini akan berjalan dengan baik," kata Sukrin.

Sementara itu Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadliyanto Koem menambahkan, ada 10 TPS di masing-masing daerah yang melaksanakan PSU. Hal ini diungkapkan Ketua KPU, ketika di temui di Kantor KPU Provinsi Gorontalo.

Diantaranya Kota Gorontalo, dengan jumlah tiga TPS masing-masing TPS 2 Kelurahan Wumialo Kecamatan Kota Tengah, TPS 1 Kelurahan Limba U 1 Kecamatan Kota Selatan dan terakhir TPS 12 Kelurahan Heledulaa Utara Kecamatan Kota Timur.

Untuk Kabupaten Gorontalo sendiri hanya satu TPS, yakni TPS 10 yang terletak di Desa Luhu Kecamatan Telaga. Sedangkan Kabupaten Gorontalo Utara tiga TPS diantaranya, TPS 2 Desa Jembatan Merah Kecamatan Tomulito, TPS 1 Desa Moluo dan TPS 4 Desa Titidu Kecamatan Kwandang.

Terakhir daerah perbatasan Gorontalo dengan Provinsi Sulawesi Tengah, yakni Kabupaten Pohuwato sebanyak tiga TPS. Masing-masing TPS 3 Desa Buntulia Jaya Kecamatan Duhiadaa, TPS 4 Desa Panca Karsa Kecamatan Taluditi dan TPS 2 Desa Malco Kecamatan Popayato.

Menurutnya jumlah pemilih yang mengikuti PSU ini, adalah 2 persen dari jumlah total DPT di masing-masing daerah.

"Jumlah total pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) mengikuti PSU ini sebanyak 2.289 jiwa. Kota Gorontalo sebanyak 693 pemilih, Kabupaten Gorontalo 230 pemilih, Kabupaten Gorontalo Utara 665 pemilih, untuk Kabupaten Pohuwato 585 pemilih," ujar Ketua KPU.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7336 seconds (0.1#10.140)