Herdiat Sunarya-Yana D Putra Resmi Pimpin Kabupaten Ciamis

Sabtu, 20 April 2019 - 17:46 WIB
Herdiat Sunarya-Yana D Putra Resmi Pimpin Kabupaten Ciamis
Herdiat Sunarya-Yana D Putra Resmi Pimpin Kabupaten Ciamis
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil resmi melantik Bupati dan Wakil Bupati Ciamis masa jabatan 2019-2024, Herdiat Sunarya dan Yana D Putra di Aula Barat Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (20/4/2019). Herdiat Sunarya dan Yana D Putra merupakan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis terpilih hasil Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018.

Pelantikan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 131.32-5872 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Bupati Ciamis Provinsi Jabar dan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor: 132.32-5873 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Wakil Bupati Ciamis Provinsi Jabar yang ditetapkan di Jakarta, 5 September 2018.

Dalam kesempatan itu, Gubernur meminta agar pimpinan dan staf di Pemerintahan Kabupaten Ciamis bekerja melayani masyarakat dengan tiga kriteria, yakni integritas, profesionalisme, dan melayani dengan sepenuh hati.
"Integritas adalah benteng moral kita dalam menjaga kepercayaan masyarakat. Oleh karena itu, kepemimpinan yang terbaik adalah kepemimpinan dengan keteladanan," ujar Ridwan Kamil pada Sabtu siang.

Gubernur yang akrab disapa Emil itu pun menginginkan agar kepala daerah yang dilantik bersama seluruh jajarannya melayani masyarakat sepenuh hati karena tugas seorang pemimpin terhadap rakyatnya adalah melayani, bukan dilayani. "Tugas para pemimpin adalah rajin turun tangan bukan tunjuk-tunjuk tangan, rajin turun ke bawah untuk memastikan bahwa masalah bisa diselesaikan secepatnya oleh keputusan pimpinan," jelas Emil.

Emil juga meminta agar profesionalisme pemerintahan di Kabupaten Ciamis harus mulai menerapkan inovasi, profesionalitas, dan penguasaan teknologi demi kemajuan daerahnya masing-masing."Kita berharap tiga komponen ini, integritas sebagai benteng, pelayanan sepenuh hati, dan profesionalisme adalah tiga rumus utama, kalau (tiga rumus utama) dipegang, hasil menunjukkan daerahnya rata-rata maju," terang Emil.

Tidak hanya itu, Emil juga meminta Pemerintah Kabupaten Ciamis fokus meningkatkan berbagai indeks yang menjadi indikator peningkatan kesejahteraan masyarakat, seperti indeks pendidikan, kesehatan, daya beli, hingga kinerja akuntabilitas pemerintahannya. Tak lupa, Emil pun meminta pemerintah kabupaten/kota di Jabar rajin berkomunikasi dengan Pemprov Jabar.

"Kami dari provinsi punya instrumen untuk membantu jika daerah tidak memadai. Ada program pemerintah provinsi mohon disukseskan, ada program bantuan keuangan sesuai aspirasi juga akan kita objektifkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat," katanya.

Ditemui seusai pelantikan,Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyatakan, tiga kriteria pemerintahan yang dikemukakan oleh Emil akan menjadi program prioritas di Pemerintah Kabupaten Ciamis. Selain itu, perbaikan pelayanan publik juga akan menjadi program utama.

"Tiga-tiganya merupakan prioritas. Insya Allah kita akan berjuang. Yang paling utama pelayanan pada masyarakat, itu yang akan kita tingkatkan, akan kita geber. Paling tidak harus ada perubahan menuju yang lebih baik lagi," ucapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7420 seconds (0.1#10.140)