Kebun Milik Pengusaha Sagu Seluas 25 Hektare Terbakar

Jum'at, 08 Maret 2019 - 15:40 WIB
Kebun Milik Pengusaha Sagu Seluas 25 Hektare Terbakar
Kebun Milik Pengusaha Sagu Seluas 25 Hektare Terbakar
A A A
PEKANBARU - Kebakaran lahan terjadi di Dusun Mereng, Desa Tebun, Kecamatan Rangsang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau. Areal yang terbakar merupakan perkebunan sagu milik satu pengusaha di kabupaten termuda di Riau ini.

Menurut salah satu petugas pemadam kebakaran bernama Afragil mengatakan, tim saat ini sudah berhasil menjinakkan si jago merah di kebun sagu tersebut. Berdasarkan pemdataan sagu tersebut milik warga bernama Andi Baso.

Kebakaran di kebun sagu milik Andi itu sudah terjadi sejak 7 Maret 2019. "Luas areal yang terbakar milik Andi Baso sekitar 25 hektar," kata Ragil Jumat (8/3/2019).

Dia menjelaskan, saat lahan sagu terbakar, Andi Baso sedang pergi ke Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau sejak kamarin. Namun tim pemadam sudah memberi tahu ihwal kebakaran itu ke Andi Baso.

Selain di lokasi kebun sagu milik Andi Baso, kebakaran juga terjadi dibeberapa titik di Kabupaten Kepulauan Meranti. Pemadaman dilakukan oleh tim TNI, Polri, BPBD dan mangga agni dan sejumlah pihak perusahaan.

"Tidak jauh dari lokasi kebun sagu Andi Baso, puluhan hektar lahan kosong juga terbakar dan masih tahap upaya pemadaman," tutur Ragil salah satu karyawan perusahaan.

Andi Baso sendiri mengaku ke Batam karena ada acara. Dia sangat sedih mengetahui lahannya terbakar. Padahal tahun 2015 lalu, lahannya juga pernah terbakar. "Dulu juga lahan saya pernah terbakar. Sekarang terulang lagi. Padahal saya selalu jaga areal saya siang dan malam," katanya.

Kebakaran di Kabupaten Kepulauan Meranti sudah memasuki hari ke 11. Ratusan hektare lahan di Meranti sudah terbakar. Selain di Meranti kebakaran juga terjadi di Kabupaten Rohil, Dumai, Siak, Pelalawan dan Bengkalis.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8097 seconds (0.1#10.140)