Gempa 4,0 SR Guncang Manokwari, Warga Berhamburan Keluar Rumah

Senin, 04 Maret 2019 - 15:40 WIB
Gempa 4,0 SR Guncang...
Gempa 4,0 SR Guncang Manokwari, Warga Berhamburan Keluar Rumah
A A A
SORONG - Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,0 skala richter (SR) mengguncang Manokwari Papua Barat, Senin (4/3/2019), sekitar pukul 12.21 WIB. Goncangan Gempa tersebut membuat warga kaget dan berhamburan keluar rumah.

"Iya pak tadi sempat ada gempa, pas saya lagi di dalam rumah. Membuat kaget dan kami sekeluarga lari berhamburan Keluar rumah," ungkap Syam, warga Manokwari, Senin (4/3/2019).

Sementara itu, menurut Plh Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Sorong, Ariance Liye Djawa dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki kekuatan 4,0 SR. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,33 LS dan 134,49 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 70 km arah Tenggara Kota Manokwari, Provinsi Papua Barat, pada kedalaman 9 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar Yapen," jelas Ariance dalam siaran pers di Sorong, Senin (4/3/2019).

Ariance menambahkan, dampak gempa bumi berdasarkan Peta Tingkat Guncangan (Shakemap BMKG) dan informasi dirasakan menunjukkan bahwa guncangan dirasakan di daerah Manokwari I-II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menurut Ariance, menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 13.17 WIB, hasil monitoring BMKG terdapat satu aktivitas gempa bumi susulan yang tidak dirasakan. "Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6527 seconds (0.1#10.140)