Gempa Bumi Magnitudo 3,0 Guncang Bitung Sulawesi Utara

Senin, 06 Maret 2023 - 01:20 WIB
loading...
Gempa Bumi Magnitudo 3,0 Guncang Bitung Sulawesi Utara
Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 3,0 mengguncang wilayah Kota Bitung, Sulawesi Utara. Foto/BMKG
A A A
BITUNG - Gempa bumi dengan kekuatan magnitudo 3,0 mengguncang wilayah Sulawesi Utara, Senin (6/3/2023) dini hari, sekitar pukul 24.14 WIB. Pusat gempa bumi berada pada koordinat 1,28 Lintang Utara (LU), dan 125,2 Bujur Timur (BT).



Pusat gempa bumi tersebut, berada di laut dengan jarak 19 km arah tenggara Kota Bitung, Sulawesi Utara, dengan kedalaman mencapai 29 km. Warga diimbau untuk tidak panik, namun tetap waspada dan menghindari bangunan yang mudah roboh.



Sebelumnya, menurut Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Sulut, Edward H. Mengko, gempa bumi terjadi setiap hari di wilayah Sulawesi Utara, karena tatanan tektoniknya, tetapi tidak semua gempa dirasakan guncangannya.



Situasi tatanan geo-tektonik di wilayah Sulawesi Utara, yang diapit oleh beberapa lempeng tektonik dan dilewati oleh beberapa patahan (sesar), menyebabkan tingginya aktivitas kegempaan di Sulawesi Utara.

Gempa bumi dengan kekuatan besar yang pernah terjadi, dapat terjadi kembali jika akumulasi atau penumpukan energinya sudah melebihi kekuatan kemampuan kekuatan batuan di sekitarnya.



"Wilayah Sulawesi Utara yang rawan gempa, menyebabkan kita harus selalu meningkatkan kewaspadaan. Yakni membuat jalur evakuasi, mengetahui dan melatih secara rutin tindakan penyelamatan jika misalnya terjadi gempa bumi dengan kekuatan signifikan dan diikuti ancaman tsunami. Memeriksa, memastikan dan membangun stuktur bangunan rumah serta gedung yang tahan gempa bumi," tegasnya.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)