4 Ekor Buaya Diamankan BKSDA dari Rumah Warga

Kamis, 07 Februari 2019 - 17:28 WIB
4 Ekor Buaya Diamankan...
4 Ekor Buaya Diamankan BKSDA dari Rumah Warga
A A A
CIREBON - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resor Cirebon Jawa Barat, Kamis siang (7/2/2019) mengamankan empat ekor dari tiga jenis buaya yang dilindungi. Sejumlah hewan buas ini diamankan dari rumah Edi Supriadi dan Dadi warga di Indramayu Jawa Barat. Keempat buaya yang diamankan berjenis buaya muara, sinyolung dan buaya irian.

Sebelumnya binatang yang dilindungi ini dipelihara kedua warga tersebut dan secara sukarela juga diserahkan ke pihak BKSDA. Petugas BKSDA pun langsung mengevakuasi buaya tersebut ke kantor BKSDA untuk penanganan lebih lanjut.

Sejumlah petugas dari Tim Evakuasi Gugus Tugas Penyelamatan Satwa dari Resor BKSDA Wilayah Cirebon Jawa Barat ini sempat kesulitan saat melakukan evakuasi seekor buaya jenis muara dari rumah Dadi di Desa Tugu, Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, Kamis siang. Namun petugas kemudian berhasil menjinakkan buaya tersebut dengan cara diikat.

Sementara Edi Supriadi pemilik buaya lainnya mengaku, sebelumnya mendapatkan buaya muara ini dari hasil memancing di Sungai Cimanuk. Kemudian buaya ini dipelihara hingga selama tiga tahun. Namun dia baru mengetahui jika buaya tersebut merupakan satwa yang dilindungi dan dia pun langsung menyerahkan peliharaannya ini ke pihak BKSDA.

Sementara Kasi Konservasi Wilayah 6 Bidang BKSDA Jawa Barat Didin Saripudin mengapresiasi atas inisiatif kedua warga ini untuk menyerahkan buaya peliharaanya. Pasalnya ke tiga jenis buaya ini merupakan satwa yang sangat dilindungi dan tidak diperkenankan untuk dipelihara.

“Ke empat buaya dengan usia 3 hingga tujuh tahun ini kemudian dievakuasi petugas BKSDA Resor Cirebon untuk selanjutnya ditangani lebih lanjut oleh pihak BKSDA Jawa Barat. Kita mengimbau agar warga yang memiliki satwa yang dilindungi agar menyerahkan ke pihak BKSDA,” katanya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8387 seconds (0.1#10.140)