DAS Tondano Meluap, Banjir Landa Kota Manado

Jum'at, 01 Februari 2019 - 09:36 WIB
DAS Tondano Meluap, Banjir Landa Kota Manado
DAS Tondano Meluap, Banjir Landa Kota Manado
A A A
MANADO - Hujan yang tiada henti membuat beberapa aliran sungai di Manado meluap. Akibatnya beberapa daerah sudah terendam banjir. Kondisi air yang sudah naik di antaranya terjadi di Bailang, Tikala, Kampung Islam, Tuminting, Kelurahan Mahawu dan beberapa daerah lainnya di Kota Manado.

Warga pun sebagian sudah mengamankan diri di tempat yang tak terdampak banjir dan longsor. Sementara sebagian sedang sibuk berkemas mengamankan barang-barang berharga.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi BMKG Sam Ratulangi Manado, Carisz Kainama terus mengingatkan agar warga Manado waspada terhadap cuaca ekstrem ini.

Pasalnya kata dia, berdasarkan pantauan citra satelit 08.50 Wita, sebagian besar wilayah Sulawesi Utara masih berpotensi cuaca buruk (hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang) dikarenakan adanya belokan angin di wilayah Sulawesi Utara karena pengaruh daerah tekanan rendah di wilayah selatan khatulistiwa.

“Diimbau kepada masyarakat yang tinggal di wilayah rawan banjir untuk lebih waspada dengan kondisi saat ini,” katanya, Jumat (1/2/2019) .

Sementara Humas SAR Manado, Fery Ari Yanto juga mengingatkan kepada masyarakat yang di tinggal di bantaran sungai agar waspada dan berhati-hati karena saat ini air daerah aliran Sungai (DAS) Tondano naik perlahan-lahan.

“Tidak kalah penting masyarakat yang tinggal di perbukitan agar waspada, Basarnas siap selalu siaga 24 jam apabila ada masyarakat yang membutuhkan pertolongan," tandasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7363 seconds (0.1#10.140)