DPR Tinjau Tumpahan Solar di Perairan Parepare

loading...
DPR Tinjau Tumpahan Solar di Perairan Parepare
DPR Tinjau Tumpahan Solar di Perairan Parepare
JAKARTA - Pertamina tengah melakukan investigasi terhadap tumpahan solar di perairan Cempae, Kota Parepare yang berasal dari kapal milik PT Soechi Lines Tbk. Tumpahan solar menggenangi perairan Parepare pertengahan bulan ini.

"Sedang dilakukan investigasi oleh tim, terima kasih," ujar Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur Gandhi Sriwidodo di Jakarta, Kamis 31 Januari 2019.

Kapal milik Soechi menumpahkan solar pada 10 Januari 2019 dan berserakan di Pantai Cempae, Parepare, Sulawesi Selatan. Tumpahan tersebut hampir satu kilometer ke pelelangan ikan.

Sementara, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Tamsil Linrung, belum lama ini meninjau tumpahan minyak di perairan pantai Cempae, Parepare.



Ia meminta kepada seluruh pihak agar bertanggung jawab atas adanya tumpahan minyak yang berampak pada pencemaran lingkungan.

"Kami minta kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kasus tumpahan minyak ini, berdasarkan mekanisme dan temuan di lapangan bahwa ada tumpahan solar, untuk melakukan ganti rugi kepada warga yang terdampak," katanya.

Tamsil berjanji, jika memang tidak ada kejelasan terkait insiden tumpahan minyak ini, maka dirinya akan membawa aspirasi warga ke Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dirut Pertamina di Komisi VII DPR RI.



Ketika disinggung mengenai kapal MT Golden Pearl XIV milik PT Soechi Lines yang dituding kerap melakukan kesalahan yang sama, Tamsil mengatakan, siapa pun yang bersalah akan kami tindaki sesuai dengan SOP dan undang-undang yang berlaku, dan jika memang terbukti bersalah, maka akan kami minta izinnya untuk dicabut.
Sementara itu,Sekretaris Perusahaan SOCI, Paula Marlina menyampaikan, kapal Golden Pearl XIV mengalami masalah teknis sehingga menimbulkan kebocoran minyak. "Kapal Goldel Pearl XIV terjadi masalah teknis pada propeller kapal yang mengakibatkan adanya rembesan oli 100-200 liter dari propeller kapal," katanya.Berikut adalah kompilasi berbagai kecelakaan dan perkara Soechi dari tahun 2010 hingga 2019:
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top