Pemuda Pancasila Pertanyakan Penyebab Tumpahan Solar

loading...
Pemuda Pancasila Pertanyakan Penyebab Tumpahan Solar
Pemuda Pancasila Pertanyakan Penyebab Tumpahan Solar
JAKARTA - Unit Manager Communication & CSR MOR VII Pertamina M Roby Hervindo menjelaskan terkait tumpahnya solar yang mencemari perairan laut di wilayah Cempae, Kecamatan Soreang, Kota Parepare, Kamis 10 Januari 2019. Kata dia, yang seharusnya bertanggung jawab dalam kejadian itu adalah kapalnya itu sendiri. Tidak mungkin satu kapal yang melakukan kesalahan, seluruh perusahaan dihukum.

"Kendalanya terjadi di salah satu kapal, bukan Soechinya (PT Soechi Lines Tbk)," kata Roby dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Sementara itu, Ketua MPC Pemuda Pancasila Pare-Pare Fadly Agus Mante yang ikut Rapat Dengar Pendapat (RDP) terkait kasus ini dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Parepa mengatakan, ada upaya pengaburan fakta, dan informasi dari Nakhoda Kapal Golden Pearl XIV. Namun ternyata bukan kali ini saja PT Soechi Lines Tbk (Soechi) melakukan kelalaian.

"Hal ini membuktikan bahwa tidak hanya satu kapal yang bermasalah, akar permasalahan ada di perusahaannya itu sendiri," kata Fadly.



Maka itu, dia mempertanyakan, penyebab kebocoran hingga banyaknya solar yang tumpah.

"Satu bilang LO Cooler, yang lain bilang propeller. Kedua cairan yang bocor, saya kesana bersama Pertamina dan Kementrian Lingkungan Hidup jelas-jelas solar, tapi Soechi bilang oli. Kalau 200 liter ditumpahkan di laut, mana mungkin genap 200 liter sampai ke pantai dan semuanya bias dikumpulkan warga?" katanya.

Sedangkan lewat keterbukaannya, Direktur Keuangan PT Soechi Lines Tbk Paula Marlina menyatakan, itu hanya masalah teknis. "Kapal Golden Pearl XIV hanya terjadi masalah teknis pada propeller kapal yang mengakibatkan adanya rembesan oli 100-200 liter," katanya.Berikut sejumlah kecelakaan dan permasalahan PT Soechi Lines Tbk (Soechi) yang dihimpun dari berbagai sumber.



19 Mei 2010: Soechi XIX menabrak KM Dian No 1 sampai tenggelam. Soechi Chemical XIX menabrak KM Dian No. 1 di Teluk Jakarta dengan kecepatan penuh karena mengabaikan upaya awak KM Dian No 1 berkomunikasi melalui radio VHF dan juga lampu sorot. Akibat kelalaian Soechi Chemical XIX maka KM Dian No 1 tenggelam.
halaman ke-1 dari 3
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top