Pulihkan Wisata Anyer, Pemkab Serang Majukan Event MTQ

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:07 WIB
Pulihkan Wisata Anyer, Pemkab Serang Majukan Event MTQ
Pulihkan Wisata Anyer, Pemkab Serang Majukan Event MTQ
A A A
SERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang akan memajukan beberapa event rutin tahunan untuk segera digelar pada awal tahun 2019 ini. Tujuannya adalah untuk memulihkan sektor perekonomian melalui kegiatan pariwisata dengan harapan masyarakat sudah tidak takut lagi berkunjung ke kawasan Pantai Carita dan Cinangka, Serang.

“Kami punya beberapa event tahunan seperti Mushabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), komunitas sepeda, komunitas pelari, komunitas pemancing. Namun khusus untuk MTQ yang biasa digelar akhir tahun, kali ini akan dimajukan untuk digelar awal tahun. Gelaran MTQ di awal tahun selain untuk mengajak masyarakat kembali mengunjungi kawasan pantai Anyer dan Cinangka, juga sekaligus sebagai upaya berdoa agar dijauhkan dari bencana,” kata Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah saat menerima kunjungan silaturahmi Tim KORAN SINDO dan SINDOnews di ruang kerjanya, Pendopo Bupat Serang, Rabu (16/1/2019).

Menurut Ratu, rencana memajukan gelaran event MTQ ke awal tahun ini sejalan dengan harapan Menteri Pariwisata Arief Yahya yang meminta Pemkab Serang membuat sejumlah event pariwisata untuk memulihkan sektor pariwisata di Pantai Selat Sunda.

Selain itu, upaya perbaikan kawasan pantai dengan rehabilitasi dan rekonstruksi dijalan secepatnya karena anggaran sudah siap. Pemkab Serang melalui Dinas Permukiman (Perkim) BPBD dan Kodim sudah menandatangani nota kesepahaman untuk perbaikan fisik bangunan.

“Tim Gabungan tadi turun ke bawah untuk melakukan perbaikan rumah dan tempat usaha seperti warung. Kami sengaja memberi bantuannya tidak dalam bentuk uang tapi bentuk bantuannya adalah membangun kembali bangunan yang rusak,” kata Ratu.

Bupati Ratu menjelaskan, dalam rehabilitasi bangunan ini sekaligus dilakukan relokasi bangunan yang semula ada persis di pinggir dan membelakangi pantai, dipindahkan ke sisi seberang jalan raya, jadi menghadap pantai. Sehingga suasana pemandangan Pantai Anyer juga jadi terlihat semakin indah.

Menurut Ratu, untuk pembangunan kembali dan rehabilitasi bangunan korban tsunami Selat Sunda di sepanjang pantai di dilakukan sendiri oleh Pemkab Serang dengan anggaran APBD dan bantuan sejumlah pihak.

Sedangkan untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dan perekonomian di Pantai Carita dan Cinangka, Bupati Serang meminta bantuan pemerintah pusat dan semua pihak agar dapat menumbuhkan kembali kegiatan perekonomian di pantai Selat Sunda.

“Salah satu upaya sudah dilakukan Menteri Pariwisata Pak Arief Yahya yang tak lama setelah tsunami langsung datang ke wilayah pantai dan makan siang di Hotel Marbela. Hal ini untuk menunjukkan bahwa pantai di Selat Sunda sudah aman dikunjungi,” kata Ratu.

Di sisi lain juga, Pemkab Serang meminta bantuan kepada pemerintah pusat terkait alat pendeteksi tsunami dan alarm yang bisa diperbanyak dipasang di tempat-tempat wisata.Terkait dengan antisipasi dan mitigasi bencana, kata Ratu, Pemkab Serang akan membangun banyak jalan untuk jalur-jalur evakuasi bencana. Selanjutnya Pemkab Serang juga akan membebaskan satu areal lahan yang ada di perbukitan untuk dibangun shelter pengungsian bila terjadi bencana tsunami. Rencananya di atas area tersebut juga akan dibangun helipad untuk proses evakuasi korban.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2482 seconds (0.1#10.140)