Sehari, 100 Ton Material Longsor Dibersihkan dari Jalinsum Parapat

Jum'at, 04 Januari 2019 - 16:30 WIB
Sehari, 100 Ton Material Longsor Dibersihkan dari Jalinsum Parapat
Sehari, 100 Ton Material Longsor Dibersihkan dari Jalinsum Parapat
A A A
SIMALUNGUN - Tim gabungan dari Pemkab Simalungun, polisi dan TNI, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) dan Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJ) Medan sudah membersihkan lebih dari 100 ton material longsor yang menutupi jembatan Siduadua di ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) Parapat, Desa Sibaganding, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Kabupaten Simalungun, Jumat (4/1/2019) petang.

Kepala Bidang Peralatan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemkab Simalungun, O Manik mengatakan, pembersihan material longsor dari pukul 08.00 WIB pagi berhasil membersihkan material longsor sekitar 100 ton lebih dalam bentuk tanah berlumpur atau bercampur air.

Kata dia, satu jembatan sudah berhasil dibersihkan meski belum total, namun sudah dapat dilintasi dengan pengaturan buka tutup arus lalulintas. "Sudah sekitar 100 ton lebih material longsor yang menutupi jembatan Siduadua yang dibersihkan dan diperkirakan bisa lebih dari 200 ton jika sudah total dibersihkan seluruhnya," sebut Manik.

Pembersihan material longsor menurutnya dilakukan dengan mengerahkan sedikitnya 2 alat berat, salah satunya milik Pemkab Simalungun.

Sekretaris Camat Girsang Sipanganbolon, Doni Sinaga menambahkan pihaknya bersama tim gabungan akan berupaya terus menuntaskan pembersihan material longsor yang menutupi jembatan Siduadua.

"Akan terus diupayakan pembersihan material longsor. Jika cuaca baik pekerjaan kemungkinan dilakukan sampai malam," ujar Doni.

Namun dia tidak dapat memastikan kapan pembersihan material longsor dapat diselesaikan. Arus lalulintas dari Pematangsiantar menuju Parapat hingga Jumat petang masih harus melalui jalan alternatif dari Simpang Palang keluar di Desa Girsang.

Sedangkan dari Parapat menuju Pematangsiantar sudah dapat melintas dari Sibaganding atau jembatan Siduadua dengan pengaturan buka tutup dua jam sekali. Saat dilakukan pembersihan arus lalulintas ditutup sementara dan 2 jam kemudian dibuka untuk dilintasi pengguna jalan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6111 seconds (0.1#10.140)