Nahkoda dan ABK Kapal Feri di Pelabuhan SBP Tanjungpinang Dites Urine

Rabu, 26 Desember 2018 - 16:39 WIB
Nahkoda dan ABK Kapal Feri di Pelabuhan SBP Tanjungpinang Dites Urine
Nahkoda dan ABK Kapal Feri di Pelabuhan SBP Tanjungpinang Dites Urine
A A A
TANJUNG PINANG - Badan Nasional Narkotika (BNN) Kota Tanjungpinang melaksanakan tes urine kepada nahkoda dan anak buah kapal (ABK) kapal penumpang di Pelabuhan Sri Bintan (SBP) Tanjungpinang, Rabu (26/12/2018) pagi. Tes urine ini untuk menjamin awak kapal bersih dari penggunaan narkotika. Selain itu, kegiatan yang sama dilaksanakan di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang.

Kepala BNNK Tanjungpinang AKBP Darsono mengatakan, kegiatan tes urine kepada awak kapal dan kru pesawat guna mendungkung pengamanan Natal dan Tahun Baru. Kegiatan tes urine bekerja sema dengan pihak Pelindo 1, Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP), Kepolisian Kawasan Pelabuhan (KKP).

Tujuannya untuk mengantisipasi para awak kapal tidak menggunakan narkotika. "Tes urine kepada para awak kapal baik nahkoda dan ABK supaya tidak menggunakan narkoba," kata Darsono di Pelabuhan SBP Tanjungpinang.

Dengan kegiatan ini, kata Darsono, untuk memastikan para awak moda tranportasi laut dan udara karena tidak menggunakan narkotika. Darsono menyampaikan baik penerbangan dan pelayaran dapat berjalan selamat tanpa ada permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam perjalanan baik berangkat dan kedatangan.

"Kita mengharapkan transportasi laut dan udara aman-aman saja sehingga masyarakat aman dan nyaman sampai ke tujuan," katanya.

Kata dia, apabila ada menemukan yang postif menggunakan narkotika akan diserahkan kepada otoritas bersangkutan. Selanjutnya, agar bisa mengikuti program rehabilitasi untuk pemulihan kembali sehingga tidak menggunakan narkotika lagi.

"Sejauh ini belum ada yang ditemukan menggunakan narkotika. Mudah-mudahan tidak ada satu pun yang mengunakan narkotika," tutup Darsono.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7594 seconds (0.1#10.140)
pixels