Misbakhun: Jalan Tol Trans Jawa Tingkatkan Perekonomian di Pasuruan

Jum'at, 21 Desember 2018 - 01:04 WIB
Misbakhun: Jalan Tol Trans Jawa Tingkatkan Perekonomian di Pasuruan
Misbakhun: Jalan Tol Trans Jawa Tingkatkan Perekonomian di Pasuruan
A A A
PASURUAN - Legislator Golkar dari daerah pemilihan Pasuruan-Probolinggo, Mukhamad Misbakhun menyampaikan terima kasih pada Presiden Joko Widodo yang telah meresmikan empat ruas jalan tol trans Jawa seksi Jawa Timur, Kamis (20/12/2018). Acara peresmian dipusatkan di Km 671 di batas antara ruas Ngawi - Wilangan dan ruas Kertosono - Mojokerto sebelum Simpang Susun Bandar, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur.

Menurut Misbakhun, selama empat tahun pemerintahan, Presiden Jokowi telah sukses menyelesaikan pembangunan jalan tol dan tersambungnya Jakarta-Surabaya sepanjang 760 kilometer. Misbakhun yang duduk di Komisi XI DPR RI pun berharap agar jalan tol ini memiliki manfaat, lebih memudahkan, lebih murah, lebih cepat, dan masyarakat memiliki alternatif.

“Pada 1998, Indonesia didera krisis moneter yang memporak-porandakan berbagai aspek ekonomi di tanah air. Proyek jalan tol ini menjadi salah satu yang terkena imbasnya hingga akhirnya mangkrak,” kata Misbakhun di Jakarta.

Ruas jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) yang akan diujicoba bersamaan libur Natal dan Tahun Baru, mulai 21 Desember hingga 1 Januari 2019. Ruas jalan tol ini akan tersambung dengan jalan Tol Gempol-Grati, Pasuruan. Adanya jalan tol Paspro itu, menurut Misbakhun, yang akan mengoneksikan dengan daerah-daerah lain, Pasuruan akan menjadi lebih maju.

“Roda ekonomi akan berjalan, investasi akan masuk di Pasuruan, adanya Kawasan Industri Pasuruan, sehingga akan menciptakan lapangan pekerjaan,” ujar pria kelahiran Pasuruan ini.

Misbakhun yang merupakan juru bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf menambahkan, jalan tol Paspro yang merupakan persimpangan dengan daerah-daerah strategis seperti Malang dan Banyuwangi sebagai daerah destinasi wisata nasional, menjadikan masyarakat Indonesia secara luas lebih tahu potensi wisata di Pasuruan dan Probolinggo. Diantaranya, Gunung Bromo, Bhakti Alam Nongkojajar, Taman Safari Prigen, Tretes, dan destinasi wisata lainnya.

“Selesainya jalan tol ini akan memiliki efek (multiplier effect) terhadap perekonomian, terutama untuk kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus. Sebab, integrasi antara jalan tol dengan kawasan-kawasan tersebut sangat penting,” katanya.

Diketahui, Presiden Jokowi hari ini meresmikan empat jalan tol, yakni jalan tol Ngawi-Kertosono segmen Wilangan-Kertosono sepanjang 37,9 kilometer, jalan tol Jombang-Mojokerto seksi Bandar-Kertosono sepanjang 0,9 kilometer, jalan tol Gempol-Pasuruan seksi Pasuruan-Grati sepanjang 13,65 kilometer, dan jalan tol Surabaya-Gempol seksi Relokasi Gempol-Porong sepanjang 6,3 kilometer.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6795 seconds (0.1#10.140)