Inovasi Mesra Bertuah Deliserdang Diapresiasi Pemerintah Pusat

Senin, 17 Desember 2018 - 19:19 WIB
Inovasi Mesra Bertuah Deliserdang Diapresiasi Pemerintah Pusat
Inovasi Mesra Bertuah Deliserdang Diapresiasi Pemerintah Pusat
A A A
DELISERDANG - Penghujung Tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang, Sumatera Utara kembali menuai prestasi di tingkat Nasional. Kali ini kabupaten yang dipimpin duet kepemimpinan Bupati Ashari Tambunan dan Wakil Bupati Zainuddin Mars menerima penghargaan dalam bentuk Apresiasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI.

Penghargaan Apresiasi itu diterima Pemkab Deliserdang dibidang Pendidikan yakni Apresiasi Sekolah Ramah Anak (SRA) dengan melakukan Inovasi Mesrah Bertuah (Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Bersama Masyarakat, Orang Tua dan Sekolah).

Penghargaan itu diberikan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Deliserdang Mika Gewasari, pada acara Festival Kabupaten/Kota Layak Anak di Sasana Budaya Ganesha Bandung, Minggu (16/12/2018).

Plt Kadis Pendidikan Deliserdang, Miska Gewasari menambahkan penghargaan ini diraih karena Pemkab Deliserdang melakukan terobosan inovasi Pengembangan Sekolah Ramah Anak (SRA) dengan Gerakan MESRA Bertuah (Mewujudkan Sekolah Ramah Anak Bersama Masyarakat, Orang Tua dan Sekolah).

Miska menjelaskan, konsep Mesra Bertuah ini menjadi kekuatan untuk melakukan Sekolah Ramah Anak (SRA) di Deliserdang yang memberikan perlindungan terhadap anak khususnya disektor Pendidikan.

“Kekuatan Konsep Mesra Bertuah ini karena melibatkan semua elemen tidak hanya kepala sekolah, guru dan murid di sekolah, melainkan masyarakat luas serta para orang tua murid juga dilibatkan secara aktif sehingga titik-titik kelemahan yang dimiliki guru dan pihak sekolah terlengkapi dengan keberadaan masyarakat juga orang tua siswa karena memang berperan penting,” ujarnya.

Dia menambahkan, pada kegiatan ini hanya satu kabupaten di Indonesia yang mendapat Apresiasi Inovasi Penyelenggaraan Sekolah Ramah Anak (SRA) yaitu Kabupaten Deliserdang. Kabupaten Deliserdang mendapat total empat apresiasi.

Selain Apresiasi Inovasi MeSRA Bertuah, tiga apresiasi lainnya yaitu Daerah yang berkomitmen mendukung kegiatan belajar di Luar Kelas, Fasilitator Nasional Kreatif (atas nama Miska Gewasari) dan Sekolah dengan Tayangan Youtube OCD Like Terbanyak (atas nama SMPN 4 Kecamatan Sunggal).

Pada Festival ini juga dua sekolah dari Kabupaten Deliserdang yaitu SD 101900 dan 101901 Lubuk Pakam juga diundang untuk menjadi peserta pameran pada boot SRA bersama sekolah sekolah SRA Nasional lainnya se Indonesia. Turut mendapinggi Menteri Yohana, dalam pemberian apresiasi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil beserta Cinta dan Deputi Tumbuh Kembang Anak, Leny.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5237 seconds (0.1#10.140)