PISPI Tawarkan Pembangunan Pertanian Berkonsep Visioner dan Integratif

Rabu, 12 Desember 2018 - 14:19 WIB
PISPI Tawarkan Pembangunan Pertanian Berkonsep Visioner dan Integratif
PISPI Tawarkan Pembangunan Pertanian Berkonsep Visioner dan Integratif
A A A
SEMARANG - Indonesia sejak era Nusantara sudah dikenal sebagai negeri agraris. Ditinjau dari segi kekayaan alam dan budaya, pertanian menjadi penggerak utama kehidupan rakyat.

Setelah Indonesia merdeka, sektor pertanian tetap berperan penting bagi pembangunan bangsa. Ketua Umum Perhimpunan Sarjana Pertanian Indonesia (PISPI) Sunarso di Semarang, Rabu (12/12/2018) mengatakan, pertanian menjadi salah satu sumber terbesar penyumbang pendapatan domestik bruto (PDB) negara dan penyedia lapangan pekerjaan utama bagi rakyat.

Di tengah kekayaan alam yang dimiliki itu, kata dia, maka perlu adanya konsep pembangunan pertanian yang berwawasan ke depan dan saling berhubungan. "Kita punya peluang besar dengan jenis tanah di Indonesia, yang sangat cocok untuk ditanami berbagai tanaman pangan," ucap Sunarso.

Indonesia juga didukung berada di wilayah tropis yang memiliki keunggulan segi agroklimat yakni iklim, cuaca, ketersediaan air atau curah hujan dan tingkat penyinaran matahari yang cukup sepanjang tahun. Artinya, modal Indonesia sebagai negera dengan pertanian nomor satu didunia sudah sangat cukup.

"Oleh karena itu, dalam pengoptimalan kekayaan alam yang ada, PISPI menawarkan konsep pembangunan pertanian yang visioner dan integratif," ujarnya dalam pesannya yang dikirim.

Sunarso juga membeberkan ada sembilan konsep pembangunan pertanian visioner dan integratif yang di buat oleh PISPI, yaitu kejelasan tata ruang nasional melalui pembaruan agraria, infrastruktur, pola pengusaha pertanian, kelembagaan pertanian, riset dan teknologi tepat guna. Lalu, supply chain management, aspek keuangan, monitoring neraca produksi dan stok nasional serta industri berbasis pertanian.

Senada dengan Ketua PISPI, Ananda Bahri Prayudha langkah-langkah PISPI tersebut akan dibahas lebih dalam pada kuliah umum yang akan dilaksanakan pada Kamis, 13 Desember 2018 di Gedung CCR Institut Pertanian Bogor.

"Acara ini diselenggarakan atas kerjasama PISPI dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) yang di dukung oleh PT Pegadaian," tutup Ananda
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7336 seconds (0.1#10.140)