2019, Gubernur Targetkan 3 Juta Wisnus Masuk Sulut

Senin, 10 Desember 2018 - 13:39 WIB
2019, Gubernur Targetkan...
2019, Gubernur Targetkan 3 Juta Wisnus Masuk Sulut
A A A
MANADO - Sejak 2016 hingga 2018, Sulawesi Utara (Sulut) menjadi surga bagi wisatawan mancanegara (wisman). Namun bukan berarti Sulut meremehkan potensi besar wisatawan Nusantara (wisnus).

Berdasarkan data Kementerian Pariwisata menyebutkan, setiap tahun sebanyak 250-300 juta wisnus melakukan traveling ke seluruh Indonesia dengan kemampuan spending money di setiap destinasi cukup tinggi.
Didorong potensi inilah maka stakeholder pariwisata Sulut yang dimotori PT Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado dan Dinas Pariwisata Provinsi melakukan kerja sama dengan pihak Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali di Denpasar.

Bentuk kerja sama ini melaksanakan promosi pariwisata Sulut, baik obyek wisata, event festival hingga promosi destinasi lainnya, di kawasan areal Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali.

"Kami menyambut hangat promosi Sulut ke bandara kami. Ayo silakan Sulut berpromosi potensi wisatanya di dalam dan luar areal bandara," tegas GM PT AP I Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Yanus Suprayogi kepada tim stakeholder yang diwakili Ketua ASITA Sulut Merry Karouwan, Melisa Sualang, Ketua Asosiasi GM Hotel Sulut Gorontalo I Putu Anom dan Faisal Trenggono, Senin (10/12/2018).

Kerja sama nyata Sulut dengan Bali diutarakan Dino Gobel dalam forum itu dan kemudian disambut Suprayogi. Alasan Gobel, pada 2019 nanti, target wisnus ke Sulut yang dicanangkan Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK) sebanyak 3 juta orang. Kalau 2018 lalu 2,5 juta orang.

Kunjungan tim pariwisata Sulut ke bandara Bali merupakan bagian dari program rutin tahunan CDD (Colaborative Destination Development) yang sudah digagas PT AP I Bandara Sam Ratulangi Manado sejak 2016 lalu.
"Angkasa Pura Manado sangat konsern dengan pengembangan pariwisata Sulut. Karena itu CDD kami laksanakan dan menciptakan peluang kerjasama dan manfaat nyata," kata GM AP I Manado Minggus Gandeguai.

Turut mendampingi Kadis Pariwisata Sulut Daniel Mewengkang dan Staf Khusus Gubernur Dino Gobel. Sedangkan mewakili GM AP I Manado adalah Dony Prawira Yudha dan Putu Awan Darmawan dari pihak tim komersial Bandara Sam Ratulangi Manado.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1143 seconds (0.1#10.140)