Inovasi Bupati Musi Banyuasin Raih Apresiasi Kementerian Pertanian

Minggu, 09 Desember 2018 - 13:51 WIB
Inovasi Bupati Musi Banyuasin Raih Apresiasi Kementerian Pertanian
Inovasi Bupati Musi Banyuasin Raih Apresiasi Kementerian Pertanian
A A A
MUSI BANYUASIN - Program Bupati Musi Banyuasin (Muba) Dodi Reza Alex Noerdin dalam mewujudkan pembangunan perkebunan berkelanjutan (sustanaible development) diakui oleh Kementerian Pertanian dengan akan dinobatkannya mantan anggota DPR RI dua periode tersebut sebagai kepala daerah yang telah berupaya melakukan inovasi atau terobosan untuk pembangunan perkebunan berkelanjutan di Musi Banyuasin

Hal ini merujuk pada surat resmi dari Direktorat Jenderal Kementerian Pertanian Nomor: 1330/TU.020/E/12/2018 perihal Undangan yang ditujukan kepada para Bupati yang akan Menerima Penghargaan pada puncak Hari Perkebunan ke-61 tahun 2018.

Para bupati yang akan diberi penghargaan tersebut adalah bupati yang telah berupaya dan berhasil melakukan inovasi atau terobosan untuk pembangunan perkebunan di daerahnya. Tercatat, hanya 18 bupati yang diundang untuk menerima penghargaan dari 416 Bupati se-Indonesia. Salah satunya Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex Noerdin.

"Penghargaan itu rencananya akan diterima oleh pak Bupati Dodi Reza Alex pada hari Senin tanggal 11 Desember 2018 bertempat di Gedung Sate kota Bandung, Jawa Barat," ungkap Kabag Humas Pemkab Muba, Herryandi Sinulingga AP.

Kepala Dinas Perkebunan Pemkab Muba, Drs. Iskandar Syahrianto, MH, menjelaskan bahwa salah satu indikator dinobatkannya Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin sebagai Kepala Daerah yang peduli terhadap Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan, dikarenakan Bupati Muba telah sukses menjadikan Kabupaten Muba sebagai pilot project peremajaan lahan sawit di lahan seluas 4.446 hektare.

Lahan tersebut tersebar di Kecamatan Sungai Lilin, Babat Supat, Keluang dan telah menjadi percontohan nasional serta telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Oktober 2017, dipusatkan di Desa Panca Tunggal, Sungai Lilin, Musi Banyuasin.

"Peremajaan lahan sawit ini salah satu bagian dari upaya Pak Bupati mewujudkan pembangunan perkebunan yang berkelanjutan dan tentunya sangat menguntungkan bagi petani swadaya rakyat," Iskandar.

Selain itu, apresiasi yang diberikan Kementerian Pertanian ini dalam hal pembangunan berkelanjutan untuk komoditas sawit dan karet di Muba.

"Indikatornya adalah untuk perkebunan sawit, proses peremajaan PSR (Peremajaan Sawit Rakyat) yang telah berjalan dengan baik serta jumlah luasan yang diremajakan juga terus bertambah setiap tahun dan di tahun 2018 ini dari target 5.000 hektare kita sudah mengusulkan dan memverifikasi seluas 6.208 hektare," tuturnya.

Untuk komoditas karet Muba dinilai mampu memberikan solusi di tingkat petani dengan menggalakkan program UPPB/pasar lelang serta program penyerapan bokar melalui pemanfaatan aspal Karet bagi Kabupaten di muba.

"Selain itu banyak program yang menunjang dalam PSR yang ditujukan ke warga pekebun sawit yang mengikuti program tersebut, di antaranya penurunan NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) sehingga memudahkan dan meringankan biaya pembuatan/perbaikan SHM (sertifikat hak milik) petani, selain itu Bupati Muba juga memfasilitasi proses pelepasan kawasan hutan HPK, yang dipergunakan masyarakat sesuai dengan perizinannya serta memperkuat kapasitas kelembagaan petani seperti KUD/KUB," papar Iskandar.

Bupati Muba juga telah melaksanakan implementasi pembangunan jalan aspal karet yang dinilai sangat menguntungkan petani karet. Ke depan terobosan Bupati Muba tersebut menjadi salah satu upaya terbaik untuk mendongkrak harga karet petani .

Menurut Kepala Dinas Perkebunan Pemkab Muba, Bupati Muba juga merupakan Ketua LTKL (Lingkar Temu Kabupaten Lestari) dan sebagai inisiator atas terbentuknya Kabupaten yang peduli terhadap lingkungan di wadah LTKL.

"Sudah banyak yang dilakukan Pak Bupati dalam upaya mewujudkan pembangunan perkebunan berkelanjutan. Bupati Dodi juga sudah beberapa kali menjadi pembicara di kancah internasional untuk memaparkan upaya-upaya yang dilakukan Kabupaten Muba dalam pembangunan perkebunan berkelanjutan di Musi Banyuasin," pungkasnya.

Selain Bupati Musi Banyuasin, 17 bupati lain yang menerima penghargaan dari Kementerian Pertanian pada acara puncak hari perkebunan ke 61, di antaranya Bupati Aceh Selatan, Bupati Kuantan Singingi, Bupati Tanjung Jabung Barat, Bupati Kerinci, Bupati Bandung, Bupati Cianjur, Bupati Garut, Bupati Lampung Timur, Bupati Balangan, Bupati Luwu Utara, Bupati Kolaka Utara, Bupati Bone Bolango, Bupati Gorontalo, Bupati Kepulauan Sangihe, Bupati Sitaro, Bupati Halmahera Selatan, dan Bupati Fak Fak.
(akn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6309 seconds (0.1#10.140)