Ini Konsep Ridwan Kamil Hadapi Banjir di Bandung Raya

Sabtu, 08 Desember 2018 - 15:30 WIB
Ini Konsep Ridwan Kamil...
Ini Konsep Ridwan Kamil Hadapi Banjir di Bandung Raya
A A A
MAJALENGKA - Memasuki musim hujan, sejumlah bencana alam mengancam Bandung Raya, Jawa Barat. Banjir adalah salah satunya. Terkait hal itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menegaskan pemerintah sudah memiliki konsep untuk mengatasi bencana tahunan itu.
"Ti baheula ge da banjir (dari dulu juga banjir). Yang penting kita ada ikhtiar ya. Sekarang ada konsep baru, Pemerintahan Regional Bandung Raya," kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil saat menghadiri Maulid Nabi di Pondok Pesantren (Pontren) Al Mizan, Desa Ciborelang, Kecamatan Jatiwangi, Sabtu (8/12/2018).
Dengan konsep itu, kata Emil, maka penanganan di lapangan akan lebih sinkron. Ke depan, diharapkan bencana tahunan itu bisa diminimalisir.

"Dulu bekerjanya terlalu sendiri-sendiri, (contohnya) di sini disiapkan, di atasnya nggak. Nah dengan Perpres Bandung Raya ini insyaAllah akan jauh lebih baik mengkoordinasikan urusan banjir, urusan lalu lintas ekonomi. Mudah-mudahan 2019 ada perubahan," katanya.

Di luar Bandung Raya, Emil meminta masyarakat di Jawa Barat bagian Selatan lebih berhati-hati lagi. Pasalnya, daerah itu masuk ke dalam kategori rawan bencana longsor.

"Daerah Jawa Barat ini rawan longsor, khususnya dari tengah ke selatan. Jadi kepada (masyarakat) Jawa Barat di tengah dan selatan agar waspada musim hujan potensinya luapan air atau longsor karena tanah yang rapuh. Laporkan kepada kami jika ada retak-retak, potensi longsor yang harus kita tangani," ucapnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1580 seconds (0.1#10.140)