Rumah Warga Magelang Rusak Tertimbun Tanah Longsor

Jum'at, 30 November 2018 - 14:45 WIB
Rumah Warga Magelang Rusak Tertimbun Tanah Longsor
Rumah Warga Magelang Rusak Tertimbun Tanah Longsor
A A A
MAGELANG - Hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah pada Jumat (30/11/2018) dini hari mengakibatkan tebing sepanjang 8 meter dengan tinggi 10 meter longsor. Material longsor menimpa rumah milik Darwanto (40), warga Dusun Mangkli 1, Desa Mangkli, Kecamatan Kaliangkrik rusak.

Informasi yang dihimpun menyebutkan, tebing tersebut longsor karena tergerus derasnya air limpasan dari saluran irigasi sawah yang berada tak jauh dari lokasi kejadian. Ini terjadi lantaran saluran irigasi tersebut kurang baik sehingga saat terjadi hujan deras tidak mampu menampung banyaknya debit air hujan.

"Longsoran tersebut disebabkan oleh drainase persawahan yang kurang baik. Sehingga saat terjadi hujan lebat tidak mampu menampung debit air. Kemudian air meluap dan menggerus tebing hingga longsor. Material longsoran mengenai dinding depan dan teras rumah Pak Darwanto," kata personel Satgas PB BPBD Kabupaten Magelang Nur Fauzan.

Pasca kejadian, Satgas PB dan TRC BPBD Kabupaten Semarang bersama warga, relawan, TNI, Polri dan jajaran Muspika Kaliangkrik kerja bakti membersihkan material longsoran tanah yang menimpa rumah Darwanto. "BPBD langsung melakukan kaji cepat dan mengirim logistik untuk kerja bakti," ucapnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6286 seconds (0.1#10.140)