OPM Segera Ditindak oleh Polda Papua dan Kodam Cenderawasih

Rabu, 14 November 2018 - 19:43 WIB
OPM Segera Ditindak...
OPM Segera Ditindak oleh Polda Papua dan Kodam Cenderawasih
A A A
JAYAPURA - Kepolisian Daerah (Polda) Papua bekerja sama dengan Kodam Cenderwasih segera melakukan tindakan tegas terhadap aksi brutal Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) di Kabupaten Lanny Jaya. Dimana sebelumnya telah terjadi penembakan oleh KKSB atau yang lebih dikenal sebagai Organisasi Papua Merdeka (OPM) terhadap seorang tukang ojek.

“Personil kami menunggu waktu masuk ke sana untuk melakukan penegakan hukum kasus penembakan terhadap tukang ojek pada 1 November lalu,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol. Martuani Sormin, usai silahturahmi dengan insan pers se Jayapura di Aula Rasta Samara, Mapolda Papua, Kota Jayapura Selasa (13/11/2018).

Menurut Kapolda, pihaknya juga telah memetakan lokasi, dimana titik lokasi yang menjadi sasaran merupakan markas Purom KKSB. “Lokasinya itu tiga bukit lokasi penembakan tukang ojek, orang bilang sih dekat, ya dekatnya itu, satu bukit satu hari ,karena itu bukit terjal,” jelas Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda mengatakan, dari analisis Polisi, mereka memiliki persenjataan lengkap. Dimana senjata KKSB ini diduga kuat adalah senjata milik aparat yang dirampas dan di bunuh saat kejadian sebelumnya.

“Itu senjata anggota kami yang dirampas dan dibunuh. Ada mereka miliki senapan otmatis, minimi dan arsenal. Senjata otimatis dua dan yang lain senapan serbu,” kata Kapolda.

Martuani Sormin mengakui bahwa Kepolisian telah berhasil mengambil satu rantai amunisi sebanyak 98 butir karena tertinggal saat mereka dikejar ketika kontak tembak dengan Polri dan TNI awal bulan lalu.

Kapolda meyakini, KKSB masih memiliki sekitar 60 butir amunusi. “Jadikan ada dua rantai, yang satu tertinggal satu masih terpasang di senjata kaliber dan jangakauannya lumayan, sekitar 800 meter, ini yang akan kami kejar,” ungkap Kapolda.

Sebelumnya, pascapenembakan tukang ojek, awal November lalu, Kapolda Papua bertolak ke Lanny Jaya. Menurut Kapolda, kunjungannya ke Lanny Jaya dalam rangka bertatap muka dengan sejumlah pihak terkait penindakan terhadap KKSB.

“Saya sudah ke Lanny Jaya dan bertemu semua pihak, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, Pemerintah termasuk DPRD setempat dan menyampaikan akan melakukan penegakan hukum dan kami diizinkan masuk,” kata Kapolda yang juga mengaku sebelumnya personelnya tidak boleh masuk ke Disrik Balingga.

Dengan persetujuan semua pihak itu juga, lanjut Kapolda, pihaknya telah membuat pos pengamanan sementara yang diisi Satgas Gakkum TNI dan Polri.

“Pos itu kebetulan rumah guru yang tak di tempati, disana ada satu pleton personel yang berjaga,” kata Kapolda yang menambahkan untuk mengantisipasi terjadinya tindakan-tindakan lain, pemerintah setempat juga telah mengungsikan para tenaga pendidikan.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1344 seconds (0.1#10.140)