10 Negara Berlambang Burung Kepala Dua Bakal Hadir di Festival Goheba

Rabu, 14 November 2018 - 11:18 WIB
10 Negara Berlambang Burung Kepala Dua Bakal Hadir di Festival Goheba
10 Negara Berlambang Burung Kepala Dua Bakal Hadir di Festival Goheba
A A A
TERNATE - Pesta rakyat Lugu Gam Maluku Utara (Malut) akan digelar pada Maret 2019 mendatang. Panitia Legu Gam yang dipimpin Hidayat Mudjafar Syah akan menonjolkan lambang Kesultanan Ternate yaitu Goheba Madopolo Romdidi atau burung berkepala dua, yang dikemas dalam kegiatan Festival Goheba Internasional.

"Simbol burung berkepala dua ini sudah ada sejak dulu, sebelum adanya Indonesia, Kesultanan Ternate adalah negara berdaulat yang sudah menjalin hubungan dengan negara lain. Simbol ini sengaja ditonjolkan dalam legu gam karena kami meyakini lambang negara seperti goheba ini sama seperti yang ada pada negara-negara Eropa zaman dulu," ungkap Hidayat saat menggelar konefrensi pers di Pendopo Kadaton Kesultanan Ternate, Selasa (13/11/2019).

Menurutnya, kesaman simbol Goheba seperti yang digunakan beberapa negara di Eropa hingga kini, menunjukkan tingginya peradaban masa lalu Kesultanan Ternate. Kejayaan itu coba dibangikitkan kembali dalam bentuk Festival Goheba Internasional.

"Kami ingin membuka mata dunia akan kejayaan masa lalu Ternate yang coba kita bangkitkan kembali pada masa kini," ujarnya.

Putra sulung mendiang Sultan Mudjafar Syah ini juga menjelaskan, kegiatan ini sejalan dengan tema yang sengaja diusung dalam legu gam 2019 yakni, Ternate sebagai Marcusuar Indonesia dan Indonesia sebagai Marcusuar Dunia, yang dicetuskan oleh sultan Mudjafar Syah.

"Kami akan coba mewujudkan apa yang disampaikan oleh almarhum ayah kami, bahwa dari sinilah (Ternate) terjadi perubahan itu bermula, dari cengkih dan pala yang membuat bangsa asing datang ke sini," ujarnya.

Dia berjanji, akan menghadirkan sejumlah wisatawan asing dari negara-negara yang memilki simbol serupa seperti Jerman, Yunani dan negara Eropa lainnya.

"Total yang sudah kami selidiki itu ada sekitar 10 negara yang akan kami undang untuk memeriahkan kegiatan ini," tutupnya.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8419 seconds (0.1#10.140)