Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto Terima Gelar Kapita Tabu Malamo dari Kesultanan Ternate

Rabu, 14 Juni 2023 - 18:28 WIB
loading...
Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto Terima Gelar Kapita Tabu Malamo dari Kesultanan Ternate
Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto saat menerima gelar kehormatan Kapita Tabu Malamo dari Kesultanan Ternate. Foto: Istimewa
A A A
TERNATE - Ketua Umum PB Perbakin Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto yang juga mantan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI mendapatkan gelar adat kehormatan dari Kesultanan Ternate , Maluku Utara.

Pemberian gelar kehormatan itu langsung diberikan oleh Sultan Ternate Hidayatullah Sjap, S.IP., M.A.P di Kedaton Kesultanan Ternate.

Gelar adat kehormatan diberikan sebagai penghargaan dan kehormatan kepada tokoh istimewa, yang telah berjasa dan berdedikasi dalam pengabdian kepada bangsa dan Negara yang prestasi dan darma baktinya dirasakan oleh masyarakat adat Kesultanan Ternate pada khususnya, dan masyarakat Maluku Utara pada umumnya.


“Gelar adat Kapita Tabu Malamo layak diberikan kepada Pak Joni Supriyanto karena sesuai keahliannya sebagai prajurit,” tegas Hidayatullah Sjap, di Kedaton Kesultanan Ternate, Rabu (14/6/2023).

Kapita Tabu Malamo berarti panglima perang agung yang memiliki, menguasai dan sangat ahli serta mahir dalam menggunakan semua jenis persenjataan.



Seperti diketahui, Joni Supriyanto selama berdinas di TNI dikenal sebagai prajurit yang berpengalaman dalam infanteri. Joni yang saat ini menjabat Ketua Umum PB Perbakin, selain pernah menjabat Kasum TNI juga pernah menjabat Pangdam Jaya dan Kepala BAIS TNI.

“Sebuah kehormatan bagi Saya menerima gelar adat kehormatan ini,” kata Joni



Pemberian gelar adat kehormatan ini juga menjadi bagian dari pelestarian budaya di Kesultanan Ternate.

Setelah menerima gelar adat ini, maka Joni Supriyanto menjadi bagian dari masyarakat adat Kesultanan Ternate. Dengan bangga menaruh harapan dan tanggung jawab dalam melangkah bersama dan berprestasi menorehkan tinta emas prestasi olahraga menembak nasional dan internasional.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2420 seconds (0.1#10.140)