Purwakarta Siap Adopsi Sistem Pendidikan Finlandia

Minggu, 11 November 2018 - 17:47 WIB
Purwakarta Siap Adopsi Sistem Pendidikan Finlandia
Purwakarta Siap Adopsi Sistem Pendidikan Finlandia
A A A
PURWAKARTA - Pemerintah Kabupaten Purwakarta bekerja sama dengan Finland University untuk menyinergikan kurikulum pendidikan dengan Finlandia. Kerja sama ini diharapkan mampu menerapkan sistem pendidikan di negara Eropa tersebut di Purwakarta agar kualitas pendidikan bisa lebih meningkat.

Sebelumnya, Finland University telah menjalin kerja sama dengan Yayasan Pendidikan Mutiara Insani Purwakarta sebagai proyek percontohan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, akan belajar serta membuat sinergi kurikulum pendidikan di Purwakarta dengan kurikulum yang diterapkan di Finlandia.

"Kita akan mempelajari sebagian kurikulum yang diterapkan di sana (Finlandia). Selain itu kita akan menggandeng Yayasan Mutiara Insani sebagai contoh karena mereka telah menerapkan kurikulum yang ada di Finlandia pada proses belajar mengajarnya," ujar Anne, Minggu (11/11/2018).

Bupati yang biasa disapa Ambu Anne menuturkan, saat ini Finlandia merupakan yang terbaik di dunia pada bidang pendidikan. "Selain itu sistem pendidikan yang diterapkan di sana menampilkan kebahagiaan. Tidak membuat siswa terbebani karena padatnya kegiatan belajar. Tidak ada yang salah pada sistem pendidikan di sini, tapi tidak salah juga kalau kita belajar pada yang terbaik," ujarnya.

Sedangkan, menurut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta Purwanto, upaya memajukan pendidikan harus didorong dalam peningkatan kualitas dan mutu pengajar. Di antaranya dengan mempelajari sistem yang diajarkan guru di Finlandia.

"Kualitas proses belajar mengajar sangat mempengaruhi generasi muda di Indonesia. Jadi kalau ingin memajukan pendidikan, yang harus di tingkatkan itu mutu pembelajaran. Nah untuk meningkatkan mutu pembelajaran, harus terlebih dahulu kualitas gurunya," ujarnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7094 seconds (0.1#10.140)