Koarmada Tangkap Kapal Malaysia di Selat Malaka

Selasa, 09 Oktober 2018 - 07:18 WIB
Koarmada Tangkap Kapal Malaysia di Selat Malaka
Koarmada Tangkap Kapal Malaysia di Selat Malaka
A A A
JAKARTA - KRI Halasan-630 berhasil menangkap Kapal Ikan Asing (KIA) Malaysia di Perairan Selat Malaka Wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia. ‎

Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono menjelaskan, penangkapan KIA tersebut berawal saat KRI Halasan-630 melaksanakan patroli di sekitar Perairan Selat Malaka dan mendapat kontak kapal yang sedang melintas di Perairan Selat Malaka Wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI) tepatnya pada posisi 04° 10’ 600’ U - 099° 29, 300' T.

Dengan sigap dan segera, KRI Halasan-630 melaksanakan pengejaran, penangkapan, penyelidikan (Jarkaplid) terhadap kapal tersebut. Saat kapal ikan tersebut berhenti, petugas kemudian melakukan pemeriksaan dan penggeledahan dengan menerjunkan 1 Tim Pemeriksa ke atas Kapal, Senin (8/10/2018).

Hasilnya, diketahui jika kapal tersebut merupakan jenis Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Malaysia dengan nama kapal PKFB 1837, Tonage 30 GT, asal Malaysia dengan nakhoda Praneet warga negara Thailand dan anak buah kapal (ABK) sebanyak tiga orang yang juga WNA Thailand.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, KIA Malaysia PKFB 1837 diduga melakukan pelanggaran karena menangkap ikan di Wilayah Zona Ekonomi Ekslusif Indonesia secara illegal (Illegal Fishing).‎ "Ini merupakan komitmen Koarmada I dibawah pimpinan Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono dalam memberantas kegiatan ilegal serta menegakkan hukum di laut," ujarnya.

Atas dasar dugaan pelanggaran tersebut, maka Komandan KRI Halasan-630 memutuskan membawa kapal Ikan asing tersebut dengan dikawal ke Pangkalan terdekat dalam hal ini Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) I Belawan untuk proses pemeriksaan lebih lanjut.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6710 seconds (0.1#10.140)