Harga Air di Gunungkidul Tembus Rp350.000

Senin, 08 Oktober 2018 - 14:12 WIB
Harga Air di Gunungkidul Tembus Rp350.000
Harga Air di Gunungkidul Tembus Rp350.000
A A A
GUNUNGKIDUL - Warga masyarakat di Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta, harus benar-benar berhemat. Ini lantaran sulitnya air bersih dan harga air bersih dari truk tangki swasta yang mencapai Rp350.000.

Itu saja tidak semua truk tangki swasta mau untuk melayani. Sulitnya medan membuat hanya beberapa truk tangki yang mampu menyuplai air bersih.

"Desa saya sudah empat bulan dilanda kekurangan air. Banyak informasi bantuan tapi sulitnya jalan menjadikan bantuan tertunda," ucap Paikem warga dusun Batur turu, desa Mertelu, Senin (8/10/2018).

Dia menjelaskan, beberapa waktu yang lalu truk bantuan air bersih tidak kuat menanjak dan nyaris terjungkal. Hal inilah yang menjadikan beberapa dusun di sisi atas desa Mertelu kekurangan air.

Agus salah satu kru tangki air membenarkan sulitnya jalur tersebut. Dia mengakui pihaknya menerima banyak pesanan. Namun untuk masuk lokasi harus truk dengan tenaga besar yang mampu. "Jadi ya banyak yang ditolak pesanan air dari donatur, banyak truk nyaris celaka ketika naik, jalannya berbahaya," ucapnya.

Kepala Palaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Edy Basuki mengatakan, pihaknya berusaha melakukan pemetaan wilayah yang memiliki potensi sumber air. Termasuk di Gedangsari, sehingga bisa mengurangi beban warga masyarakat di saat musim kemarau seperti sekarang.

"Kalau Gedangsari masih diampu truk tangki kecamatan. Namun kita assessment dan kita sampaikan persoalan kesulitan air untuk solusi ke depan. Kalau ada sumber air bagaimana caranya bisa diangkat," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3639 seconds (0.1#10.140)