Mendagri Fokus Pemerintahan di Palu dan Donggala Berjalan Baik

Senin, 01 Oktober 2018 - 18:25 WIB
Mendagri Fokus Pemerintahan...
Mendagri Fokus Pemerintahan di Palu dan Donggala Berjalan Baik
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo fokus pada roda pemerintahan di Palu dan Donggala berjalan baik. Hal ini seiring dengan bencana gempa dan tsunami yang terjadi di dua wilayah Sulawesi Tengah, Jumat 28 September 2018 tersebut

“Hari Selasa (2/10/2018) besok, tim Kemendagri dan IPDN dari Manado dan Makassar sudah merapat di sana membantu pendampingan. Baik di Pemprov Sulawesi Tengah, Kota Palu, Kabupaten Donggala, dan Kabupaten Sigi,” kata Tjahjo usai upacara pelantikan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Timur dan Sumatera Selatan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (1/10/2018).

Tjahjo mencontohkan penanganan bencana gempa bumi di Lombok. “Sama dengan kejadian di Lombok yang penting mulai pemerintah desa, kelurahan, kecamatan, kota dan provinsi berjalan. Dengan demikian pemerintah bisa menerima laporan masyarakat, menerima pengaduan, menerima inventarisir masalah yang ada karena tugas utama adalah mengevakuasi para korban,” ujarnya.

Mengenai proses pencarian korban terus dilakukan. “Korban yang masih dalam proses pencarian atau hilang harus dicari. Saya kira itu arahan dari Bapak Presiden,” lanjutnya.

Sebelumnya, mulai dari Sabtu (29/9/2018) dan Minggu (30/9/2018), Tjahjo langsung cepat berangkat ke lokasi bencana. Ia memantau dan memastikan koordinasi penanganan bencana dengan kementerian/lembaga terkait dan jajaran pemerintah daerah.

”Saya ada di sana memang semua tidak ada yang kerja. Hari ini sudah ada tim kecil, mininimal ada koordinasi dan laporan ke pemerintah daerah dan sudah ada pendampingan dari kami, baik masalah keuangan daerah, dan jalannya pemerintah daerah harus tetap berjalan normal,” tandasnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7745 seconds (0.1#10.140)