Mendagri Keluarkan Dua Instruksi untuk Tanggap Darurat

Sabtu, 29 September 2018 - 16:32 WIB
Mendagri Keluarkan Dua Instruksi untuk Tanggap Darurat
Mendagri Keluarkan Dua Instruksi untuk Tanggap Darurat
A A A
JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyampaikan dua instruksi penting kepada jajaran pemerintah daerah terdekat sekitar lokasi bencana. Hal ini dilakukan usai rapat koordinasi terkait penanganan penanggulangan bencana gempa bumi di Palu dan Donggala di Kantor Kemenkopolhukam, Jumat (29/9/2018).

Dalam kondisi darurat bencana gempa bumi yang diikuti tsunami di Palu dan Donggala diperlukan langkah penanganan cepat. Tjahjo menuturkan hal-hal yang harus cepat dilakukan jajaran pemerintah daerah untuk bahu membahu membantu daerah yang terkena musibah.

Pertama, Mendagri menginstruksikan seluruh pemerintah daerah sekitar seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Mamuju segera mengirim bantuan peralatan dan logistik, tenaga medis, bahan makanan, obat-obatan, ambulans, pakaian, tenda dan lain sebagainya yang dibutuhkan dalam keadaan darurat. “Selain itu, pemerintah daerah harus mengerahkan Satpol PP dan Damkar untuk ikut cepat menolong korban,” kata Tjahjo.

Kedua, Mendagri menginstruksikan wali kota Palu dan bupati Donggala segera mengeluarkan Surat Keputusan tentang Pernyataaan Keadaan Darurat Bencana agar pemerintah daerah memiliki payung hukum untuk menggunakan sumber pembiayaan APBN. "Prinsipnya saya meminta kepada jajaran pemerintah daerah segera tindaklanjuti untuk serius membantu saudara kita yang terkena musibah di Palu dan Donggala," ujarnya.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9554 seconds (0.1#10.140)