Ratusan Pemuda di Ambon Berikrar Jaga Persatuan

Minggu, 16 September 2018 - 02:06 WIB
Ratusan Pemuda di Ambon Berikrar Jaga Persatuan
Ratusan Pemuda di Ambon Berikrar Jaga Persatuan
A A A
AMBON - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar deklarasi Pemuda Indonesia Bersatu yang merupakan bagian dari rangkaian acara Kirab Pemuda 2018.

Kegiatan ini digelar di Pattimura Park Ambon, Maluku ratusan pemuda dari berbagai organisasi kepemudaan, mahasiswa dan siswa SMA, SMK/MA Kota Ambon pada Jumat (14/9/2018).

Perwakilan Deputi Pemberdayaan Pemuda, Joni Sihite mengungkapkan, pesan bagi para pemuda diharapkan menjadi bagian dalam penyelesaian masalah, bukan menjadi pemicu masalah. Perbedaan suku, agama, ras, warna kulit merupakan keberagaman yang menjadi kekuatan negara dalam wujud Bhinneka Tunggal Ika.

"Jika tidak berbeda maka akan terjadi keanehan. Karena itu pemuda Indonesia jangan melihat perbedaan, tetapi dikendalikan menjadi kekuatan bersama," katanya dalam siaran pers yang diterima SINDOnews, Sabtu (15/9/2018).

Joni menjelaskan, Kirab Pemuda bernilai strategis demi masa depan bangsa. Di antara tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan persatuan dan patriotisme pemuda yang selaras dengan Bhinneka Tunggal Ika.

"Selain itu mempromosikan kreativitas sebagai bagian dari upaya untuk memberdayakan potensi pemuda, dan mendorong optimalisasi potensi daerah melalui peran pemuda," tambahnya.

Pada kesempatan sama, Asisten II Pemkot Ambon, Robby Silooy juga berpesan, pemuda Indonesia haruslah memiliki pemahaman yang baik dalam menerima perbedaan dan memiliki tradisi toleransi dalam menghadapi perbedaan.

Pihaknya juga meminta para peserta maupun pendamping untuk menceritakan kondisi Ambon dan Maluku secara umum, setelah kembali ke kota asal. "Kota Ambon merupakan kota yang damai, menghargai perbedaan, dan akan menjadi kota musik dunia, dan tidak kalah pentingnya Provinsi Maluku dijadikan laboratorium kerukunan umat beragama," ungkapnya.

Di akhir acara, peserta Kirab Pemuda dan ratusan pemuda yang terlibat melakukan ikrar dan penandatanganan Indonesia bersatu. Kota Ambon merupakan kota ketiga di zona II, setelah Jayapura dan Manokwari yang disinggahi 50 peserta Kirab Pemuda.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3433 seconds (0.1#10.140)